Kerja Sama Menguntungkan untuk Petani Kopi Wanita Indonesia

Ega Maharni14 Apr 2019, 12:00 WIB
Petani Kopi

Fimela.com, Jakarta Java Mountain Coffee mengumumkan sebuah kerja sama baru dengan Alila Seminyak dan Alila Villas Uluwatu di Bali untuk menyediakan tamu, pilihan kapsul kopi biodegradable bersertifikasi yang berisi kopi Indonesia langsung dari petani yang ditanam secara berkelanjutan oleh anggota koperasi wanita di Bali dan Jawa Barat.

Java Mountain Coffee didirikan untuk mengatasi ketidaksetaraan antara laki-laki dan perempuan asli dalam rantai pasokan kopi serta degradasi lingkungan yang disebabkan oleh ratusan tahun perilaku manusia. Hal ini menawarkan kemitraan kopi berkelanjutan yang terukur dan bertujuan untuk berkontribusi pada peluang ekonomi yang lebih besar bagi petani kopi pribumi dan pekerja musiman.

Saat ini telah dilakukannya melalui dua koperasi yang semuanya wanita yaitu, Koperasi Kopi Wanita Gunung Jawa yang berlokasi di pegunungan di sekitar Ciwidey di Jawa Barat, dan Koperasi Kopi Wanita Gunung Bali di Gunung Batu Karu dan pegunungan Munduk di Bali, Indonesia.

Selain membantu meningkatkan mata pencaharian wanita, kapsul kopi Java Mountain Coffee yang tersertifikasi pun ramah lingkungan serta membutuhkan waktu tiga bulan untuk dipecah menjadi kompos setelah digunakan.

2 of 2

Memiliki dampak positif

Petani kopi
Petani kopi wanita. (Istimewa).

Mereka menyediakan alternatif ramah lingkungan untuk kapsul plastik dan aluminium, dan diciptakan sebagai tanggapan terhadap komitmen yang berkembang dari industri perjalanan dan pariwisata global untuk mengurangi ketergantungan pada plastik dan produk limbah berbahaya lainnya.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Alila Resorts Bali dalam memberikan 'solusi melingkar' untuk kopi dalam kamar mereka, yang tidak hanya berkontribusi pada pemberdayaan petani perempuan pedesaan Indonesia tetapi juga meninggalkan dampak positif pada lingkungan. Di sini juga kamu berterima kasih atas kepemimpinan mereka dalam industri perjalanan dan pariwisata yang mendukung solusi sosial dan lingkungan yang positif. Kami berharap dapat memperluas kemitraan lokal di seluruh Asia dan sekitarnya dengan inovasi kopi kami," kata Nadine Alexander, Juru Bicara Java Mountain Coffee.

Kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat telah tertanam dengan baik dalam nilai-nilai operasional Alila sejak awal berdirinya 15 tahun lalu. Kemitraan terbaru ini memberikan kesempatan lain bagi Alila untuk memberikan para tamu pengalaman yang memiliki dampak positif.

Lanjutkan Membaca ↓