5 Tips Membuat Hubungan Lebih Bahagia usai Marahan Berkepanjangan

Endah Wijayanti14 Apr 2019, 13:40 WIB
tips bahagia pasangan

Fimela.com, Jakarta Ngambek atau marahan dengan pasangan bisa terjadi di hampir semua hubungan. Perdebatan atau pertengkaran memang jadi bumbu sendiri dalam setiap hubungan asmara. Tapi bukan berarti marahan harus terjadi berlarut-larut, ya.

Udahan dulu marahnya, kini fokus untuk membuat hubungan jadi lebih bahagia. Bahkan setelah sebuah masalah terlewati, biasanya akan ada titik balik yang membuat hubungan jadi lebih kuat dari sebelumnya. Biar bisa makin langgeng dan romantis, coba ikuti beberapa tips ini deh.

1. Lebih Terbuka dan Jujur dalam Berkomunikasi

Enak dan tidak enaknya sebuah situasi yang menyangkut hubungan perlu dibicarakan dengan baik. Biar sama-sama bahagia dan nyaman, perlu keterbukaan dan kejujuran dari kedua belah pihak. Dengan begini, rasa saling percaya bisa lebih diperkuat dan bisa memudahkan komunikasi sehari-hari.

2 of 3

2. Saling Memaafkan dan Memperbaiki Diri

langgeng
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Yang salah kudu minta maaf. Yang sikapnya terasa berlebihan juga kudu minta maaf. Saling memaafkan satu sama lain. Sekaligus berkomitmen untuk saling memperbaiki diri dan mengingatkan untuk bisa jadi pribadi yang lebih dewasa dalam hubungan. Tak perlu menuruti rasa egois menjadi yang paling benar sendiri. Sebab selalu ada pembelajaran yang dapat kita petik dari sebuah masalah.

3. Jadwalkan Waktu Khusus Berduaan

Mau kencan romantis, masak makan malam bersama, atau sekadar jalan-jalan santai, luangkan dan jadwalkan waktu khusus untuk berduaan. Dilansir dari psychcentral.com, penting untuk segera mengetasi masalah dan kesalahpahaman yang ada. Setelah itu, perlu fokus untuk merawat dan memperbarui hubungan supaya keharmonisan tidak luntur. Lakukan sesuatu yang melibatkan kita dan pasangan secara aktif untuk mempererat kedekatan dan keharmonisan bersama.

3 of 3

4. Ciptakan "Ruang Rindu"

Couple
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Pricilla Du Pereez

Sesekali perlu saling memberi waktu untuk bisa melakukan sesuatu yang disukai secara pribadi. Mungkin kita dan pasangan bisa saling memberi waktu untuk hang out dengan sahabat-sahabat dekat. Bisa juga kita dan pasangan menekuni hobi atau aktivitas yang disukai. Dari sini akan muncul perasaan rindu. Kadar rindu yang cukup pun bisa membuat hubungan jadi terasa lebih intim dan berharga. Sehingga ketika akhirnya bisa kembali bertemu, ada rasa cinta yang terasa lebih intim dari biasanya.

5. Lebih Berempati dan Tingkatkan Peduli

Usahakan untuk bisa jadi orang pertama yang ada di sisinya saat dia sedang dilanda masalah atau sedang menghadapi bad day. Saling berempati dengan perasaan masing-masing. Saling mendengarkan kebutuhan masing-masing. Lebih peduli di setiap kesempatan. Berusaha untuk bisa selalu jadi pendengar yang baik di setiap obrolan. Saling menyediakan waktu untuk bisa menjaga keharmonisan cinta.

Sudahi marahannya, kini fokus untuk bisa menciptakan hubungan yang lebih bahagia dan harmonis. Setelah badai berlalu, kini saatnya untuk menikmati indahnya pelangi. Semoga hubunganmu dengan pasanganmu bisa selalu bahagia dengan penuh warna cantik lainnya, ya.

 

Lanjutkan Membaca ↓