Cara Merebus Telur Agar Tidak Mudah Pecah

Mimi Rohmitriasih13 Apr 2019, 09:21 WIB
Telur

Fimela.com, Jakarta Bagi banyak orang, merebus telur menjadi aktivitas di dapur yang dianggap sangat mudah. Eits, jangan salah Sahabat Fimela. Pada kenyataannya aktivitas merebus telur tak semudah kelihatannya. Cara yang digunakan untuk merebus kita salah, telur yang ada akan mudah pecah. Alhasil, panci untuk merebus pun bisa berbusa terkena pecahan telur.

Lalu, bagaimana cara merebus telur yang tepat agar telur tak mudah pecah? Simak caranya berikut ini.

2 of 2

Cara Merebus Telur

Ilustrasi telur
Ilustrasi telur. Sumber foto: unsplash.com/Joe Skillington.

Cara merebus telur:

  1. Bersihkan telur dengan cara dicuci atau direndam dengan air. Ambil satu persatu telur ini dan pilih telur yang benar-benar baik. Hindari memilih telur yang sudah retak atau pecah.
  2. Siapkan air biasa di panci kemudian masukkan satu persatu telur yang hendak direbus. Hindari memasukkan telur pada panci dengan air yang sudah hangat apalagi panas ya. Memasukkan telur saat air panas justru akan membuat telur rentan pecah dan tak bisa matang sempurna.
  3. Jika telur baru dikeluarkan dari lemari es, sebaiknya rendam telur dengan air biasa terlebih dulu dan buat suhunya normal kembali.
  4. Rebus telur di dalam panci berisi air yang membuat telur terendam sepenuhnya. Jika dalam merebus telur air yang digunakan kurang, ini akan membuat telur susah matang secara sempurna.
  5. Rebus telur dengan api kecil atau sedang agar panasnya merata. Menggunakan api yang terlalu panas akan membuat telur rentan pecah apalagi ketika air sudah mendidih.

Itulah cara merebus telur agar tak mudah pecah. Selain cara ini, agar telur yang dimasak tidak pecah kita bisa memasaknya dengan cara dikukus. Semoga tips dapur ini bermanfaat.

 

Lanjutkan Membaca ↓