Cara Praktis Mengurangi Lemak Berlebih pada Masakan

Mimi Rohmitriasih13 Apr 2019, 11:38 WIB
Masakan

Fimela.com, Jakarta Saat memasak apalagi memasak sayur lodeh juga kari, kita sering mendapati masakan banyak lemaknya. Biasanya, lemak pada masakan ini akan berada di permukaan masakan. Mengenai masakan berlemak, umumnya masakan-masakan ini adalah masakan yang terbuat dari daging, ikan atau adanya tambahan santan di dalamnya.

Rasa masakan berlemak bisa dibilang cukup lezat dan menggugah selera. Namun Sahabat Fimela, makanan yang terlalu berlemak tidak baik untuk kesehatan lho. Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi kadar lemak pada masakan berkuah atau masakan apapun yang kita buat di rumah? Berikut caranya.

Pilih Bahan Masakan Rendah Lemak

Memasak
Ilustrasi memasak/copyright shutterstock

Pilih Bahan Masakan Rendah Lemak

Jika ingin mendapatkan masakan yang rendah lemak, pastikan untuk memilih bahan masakan yang rendah lemak. Baik itu bahan utama hingga bumbu-bumbunya, pilih yang benar-benar rendah lemak.

Perhatikan Waktu Memasak

Saat memasak usahakan untuk memperhatikan waktu memasak. Hindari memasak dengan waktu terlalu lama. Aneka bahan makanan yang dimasak terlalu lama bisa meningkatkan kadar lemak di dalamnya. Apalagi jika masakan tersebut merupakan masakan bersantan, masakan daging atau masakan ikan. Memasak terlalu lama juga bisa mengurangi nutrisi serta gizi dalam masakan.

Manfaatkan Es Batu

Ilustrasi Es Batu
Ilustrasi es batu (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Manfaatkan Es Batu

Jika biasanya kita akan mengambil lemak di permukaan masakan pakai sendok secara perlahan-lahan, kita tak perlu lagi melakukan itu. Kita tak perlu memakai tisu untuk mengatasi masalah lemak berlebih pada permukaan masakan. Lalu bagaimana caranya?

Kita cukup memanfaatkan es batu. Letakkan es batu di permukaan masakan. Cara ini dipercaya ampuh membuat lemak menempel di es batu dan berkurang sedikit demi sedikit. Saat lemak bertemu dengan sesuatu yang bersuhu rendah, ia akan mengendap atau menempel pada suhu rendah tersebut. Kalau tidak ada es batu, kita bisa menaruh sendok di lemari es hingga benar-benar dingin kemudian letakkan di permukaan masakan. Sendok akan mengangkat lemak yang ada di permukaan masakan dengan baik.

Well Sahabat Fimela, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kadar lemak pada masakan terutama masakan berkuah. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Simak Juga Video di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓