Cara Menyimpan Kacang-kacangan Agar Tahan Lama

Mimi Rohmitriasih13 Apr 2019, 13:59 WIB
Kacang

Fimela.com, Jakarta Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai dan sejenisnya merupakan asupan nutrisi yang sangat baik buat tubuh. Kacang-kacangan tersebut juga bisa diolah menjadi beberapa makanan lezat serta menggugah selera. Biasanya, kacang akan disimpan di waktu cukup lama karena tidak setiap hari kita akan mengolah atau membuat masakan berbahan kacang.

Untuk penyimpan kacang, jika biasanya Sahabat Fimela menyimpan kacang di dapur dengan cara asal-asalan, tentu ini akan membuat biji kacang cepat rusak bahkan hancur. Lantas, bagaimana cara menyimpan kacang agar tahan lebih lama dan tetap berkualitas? Simak caranya berikut.

Cara Menyimpan Kacang-kacangan

Kacang
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  1. Saat membeli biji kacang baik biji kacang hijau, kacang tanah, kacang merah, kacang kedelai atau kacang lainnya, pilih dan beli kacang yang masih bagus kualitasnya. Hindari membeli kacang yang sudah rusak, ada kutunya atau bolong-bolong.
  2. Jemur kacang hingga benar-benar kering sebelum kacang disimpan. Kacang yang benar-benar kering bisa lebih awet atau tahan lama jika dibandingkan dengan kacang yang basah atau terkena air.
  3. Simpan kacang-kacangan di dalam jar atau botol dan tutup rapat.
  4. Saat menyimpan kacang-kacangan, usahakan untuk menyimpan satu jenis kacang di satu wadah. Hindari menyimpan kacang dengan jenis berbeda-beda dalam satu wadah yang sama. Meski kacang telah dimasukkan ke dalam plastik berbeda, cara menyimpan beragam kacang di wadah sama ini sangat tidak disarankan.
  5. Biji kacang juga bisa disimpan di lemari es. Caranya, masukkan kacang di wadah tertutup dan masukkan ke dalam lemari es. Toples plastik lebih baik untuk menyimpan kacang di dalam lemari es.

Sahabat Fimela, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan kacang-kacangan agar awet, tahan lama dan tetap berkualitas. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Simak Juga Video Ini:

Lanjutkan Membaca ↓