Cara Mudah Membersihkan Sisik Ikan yang Alot dan Keras

Mimi Rohmitriasih13 Apr 2019, 15:27 WIB
Ikan

Fimela.com, Jakarta Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Ikan juga merupakan bahan makanan yang kaya nutrisi dan sangat baik jika dikonsumsi anak-anak demi membantu tumbuh kembangnya agar lebih maksimal.

Mengenai ikan, ada beberapa hal yang membuat tidak sedikit kurang tertarik memasak ikan. Hal tersebut mulai dari ikan berbau amis, ikan memiliki sisik yang susah dibersihkan dan ikan mudah meletup-letup saat digoreng.

Kini, dirimu tak perlu khawatir mengenai hal ini Sahabat Fimela. Kita bisa mengatasi bau amis ikan dengan perasaan air jeruk nipi, kita bisa mengurangi letupan ikan goreng dengan mengurangi kadar minyak dan kita bisa memanfaatkan air hangat untuk mempermudah membersihkan sisik ikan.

2 of 3

Membersihkan Sisik Ikan

Ikan
Ilustrasi/copyright pixabay.com

Untuk membersihkan sisik ikan, disarankan untuk memanfaatkan air hangat. Rendam ikan di dalam air hangat yang telah diberi air jeruk nipis dan garam. Rendam ikan kira-kira selama 5 menit kemudian mulai bersihkan sisik ikan menggunakan pisau. Kerok sisik ikan dengan pisau yang agak dimiringkan. Letakkan ikan di atas talenan agar kita lebih mudah mengeroknya.

Cuci ikan di bawah air mengalir. Mencuci dengan cara ini akan membuat kita mengetahui lebih mudah bahwa sisik ikan sudah bersih apa belum. Bersihkan sisik ikan dengan hati-hati agar ikan tidak robek apalagi hancur.

Itulah cara membersihkan sisik ikan yang alot dan keras dengan cara mudah. Untuk memudahkan dirimu membersihkan sisik ikan, pastikan untuk membeli ikan yang masih segar. Ikan yang sudah busuk atau kualitasnya jelek akan lebih susah dibersihkan sisiknya. Ikan yang sudah tak segar lagi ini juga rentan bau, beracun bahkan mengalami penurunan nutrisi.

Semoga tips dapur ini bermanfaat ya.

3 of 3

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓