Ingin Melamar Pekerjaan? Ini Waktu yang Tepat untuk Menghadiri Sesi Wawancara Kerja

Annissa Wulan16 Apr 2019, 13:00 WIB
kerja keras bagai kuda 1

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa waktu kehadiran saat wawancara kerja memiliki pengaruh yang penting untuk membuatmu diterima di sebuah perusahaan? Dilansir dari huffpost.com, Selasa (16/4/2019), yang terburuk adalah muncul lebih awal saat wawancara kerja.

Menurut para ahli, 15 menit lebih awal adalah waktu terbaik untuk datang wawancara kerja di kantor. Rentang waktu antara 10 sampai 15 menit lebih awal adalah yang terbaik karena menunjukkan bahwa kamu siap dan bersemangat untuk melakukan wawancara kerja.

Selain meminimalisir hal-hal yang tak terduga, seperti macet, kamu juga bisa mengantisipasi beberapa hal ketika datang ke sebuah tempat baru, seperti menukar tanda pengenal, berkenalan dengan resepsionis, dan naik lift. Datang wawancara kerja 15 menit lebih awal bisa membantu menghilangkan stres yang timbul karena hal-hal tersebut.

Sebaliknya, jangan pernah datang terlambat ke wawancara kerja. Datang terlambat saat wawancara kerja benar-benar akan mengirimkan pesan yang buruk, apapun alasannya, karena menunjukkan kurangnya komitmen.

 

2 of 3

Datang wawancara kerja terlalu awal juga tidak akan menimbulkan kesan yang baik

Ilustrasi orang bekerja
Ilustrasi orang bekerja. Sumber foto: unsplash.com/Brooke Cagle.

Lantas, bagaimana jika datang lebih awal dari 15 menit? Ini juga tidak baik, karena pewawancara kemungkinan belum berada dalam pola pikir untuk berurusan denganmu.

Untuk wawancara kerja melalui video, siapkan dirimu 5 menit lebih awal. Waktu ini dapat digunakan untuk bersiap menerima panggilan masuk.

Untuk masalah hari, sebenarnya tidak ada hari terbaik untuk melakukan wawancara kerja. Persiapkan diri dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh perusahaan tersebut. Jangan coba-coba merubah hari lain, karena kemungkinan sesi wawancara kerja tersebut akan diisi dengan kandidat lain.

3 of 3

Saksikan video menarik setelah ini

Lanjutkan Membaca ↓