Tips Sehat Mengonsumsi Buah Bit, Simak di Sini yuk!

Endah Wijayanti15 Apr 2019, 13:42 WIB
mengonsumsi buah bit

Fimela.com, Jakarta Pernah mengonsumsi buah bit? Atau mungkin masih bingung cara terbaik mengonsumsi buah bit? Buah bit bisa diolah dengan berbagai macam cara. Kita juga bisa mengonsumsinya dengan menambahkan aneka bahan segar untuk membuat salad sehat. Tapi tahukah kalau buah bit sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah?

Buah bit memiliki kandungan gula yang tinggi. Meski begitu, seperti yang dikutip dari lifehack.org, kandungan nutrisinya sangat baik untuk kesehatan. Buah bit kaya akan serat, vitamin C, kalium, mangan, dan folat vitamin B. Semua kadungan tersebut bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan stamina tubuh, mengatasi inflamasi, menurunkan tekanan darah, dan mencegah kanker.

Buah bit sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah. Sebab bila buah bit dimasak lebih dulu, 25% kandungan folatnya akan hilang. Salah satu tips sehat mengonsumsi buah bit adalah dengan menjadikannya salad segar. Kita bisa menambahkan wortel dan buah apel dengan saus jahe lemon (ginger lime dressing) untuk membuat rasanya lebih segar.

Bagi yang belum biasa, mengunyah buah bit mentah akan terasa aneh. Kita bisa menyiasatinya dengan mengiris buah bit tipis-tipis lalu dikonsumsi bersamaan dengan bahan buah atau sayur segar lain dengan tambahan saus atau dressing yang menyegarkan. Kalaupun ingin menikmatinya dengan cara dikukus atau direbus terlebih dahulu, kita perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi bahan makanan lain yang kaya kandungan folatnya.