5 Cara Agar Tak Terjebak Toxic People di Kantor!

Febi Anindya Kirana16 Apr 2019, 09:50 WIB
perempuan

Fimela.com, Jakarta Ada banyak kelompok orang yang mungkin akan bersinggungan dengan hidupmu, berkenalan denganmu dan menjadi temanmu. Di mana saja, apalagi di kantor. Namun ada jenis-jenis orang yang sebaiknya dihindari, yaitu jenis orang yang berada dalam kategori toxic people. Seperti apa mereka dan bagaimana menghindarinya? Simak sekian cara berikut ini.

1. Datang Tepat Waktu

Ini adalah salah satu cara terbaik memulai hari dengan positif. Datang tepat waktu dan mulai mengerjakan tugas secara on time akan membuat waktumu lebih efisien. Tak ada waktu untuk berinteraksi dengan toxic people, karena dirimu dikejar hal yang lebih penting untuk dilakukan.

2. Hindari Gosip

Ketika waktunya istirahat, jangan terlalu lama berkumpul dengan orang-orang yang sekiranya suka mengeluh, suka ngomongin jeleknya bos, mengomentari penampilan sesama partner kerja dan lain sebagainya. Daripada waktumu terbuang untuk mendengarkan racun, pamitlah dengan sopan dan kembalilah ke mejamu.

Cara Menghindari Toxic People

[Fimela] Women at Work
Ilustrasi perempuan dalam dunia pekerjaan | unsplash.com

3. Kenali lebih dekat orang-orang yang netral

Jika bisa, berkumpullah dengan orang-orang yang baik, yang tidak macam-macam topik pembicaraannya dan bersikap apa adanya. Seringkali kamu akan bertemu tipe-tipe orang yang penuh gengsi, namun selama mereka tidak saling menjatuhkan satu sama lain, tetap bergaullah dengan mereka.

4. Jangan terlalu terikat

Ini adalah poin utama, karena teman kerja bisa jadi musuh di kala tertentu, maka jangan terlalu dekat dan terikat atau kelemahanmu bisa diungkap dan dijadikan senjata untuk menjatuhkanmu. Bukan bermaksud berpikiran buruk, hanya saja lebihlah berhati-hati.

Cara menghindari Toxic People

kepribadian
ilustrasi perempuan/Photo by Nate Johnston on Unsplash

5. Temukan pekerjaan yang cocok denganmu

Pasti sangat melelahkan dan menguras energi menghadapi pekerjaan yang tidak sesuai dengan hati, apalagi dengan lingkungan sosial yang tidak sehat. Jangan beradaptasi dengan hal ini, sebaliknya, cari dan temukan pekerjaan yang cocok dan tidak membuatmu tertekan menjalaninya.

Itu dia sekian cara menghindari dan terjebak toxic people di kantor. Cerdaslah dalam bersosialisasi ya Sahabat Fimela.

Tonton juga video berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓