4 Tips Membuat Telur Mata Sapi yang Lebih Enak

Endah Wijayanti16 Apr 2019, 14:54 WIB
tips telur mata sapi

Fimela.com, Jakarta Telur mata sapi merupakan menu yang paling mudah dibuat. Untuk sarapan atau dijadikan bekal pun bisa. Bisa dibuat dalam waktu singkat, sangat praktis dan memudahkan kita yang sehari-hari punya segudang rutinitas dan kesibukan. Tapi tahu nggak cara membuat telur mata sapi yang lebih enak?

Ada beberapa tips dan cara yang bisa kita coba untuk membuat telur mata sapi yang enak. Sama sekali nggak sulit caranya. Selengkapnya, langsung simak di sini ya.

1. Pakai Minyak Canola

Kita memang bisa pakai minyak goreng biasa untuk menggoreng telur. Tapi kalau ingin hasil telur mata sapi yang lebih renyah, kita bisa pakai minyak canola. Minyak canola adalah jenis minyak nabati yang berasal dari biji tanaman Canola (Brassica napus). Minyak ini memiliki titik asap yang lebih tinggi, sehingga kita bisa mendapatkan hasil telur mata sapi yang lebih renyah bila menggunakan minyak canola.

2 of 3

2. Tambahkan Lada atau Bubuk Cabai

Ilustrasi telur
Ilustrasi./unsplash.com/Joe Skillington.

Selain garam, kita juga bisa menambahkan lada bubuk atau bubuk cabai untuk menambah rasa pada telur mata sapi yang kita buat. Setelah minyak panas atau mentega cair di teflon, kita bisa langsung ceplok telur lalu menaburinya dengan sejumput lada atau bubuk cabai. Kemudian kita bisa menunggu telur matang atau setengah matang sesuai selera.

3 of 3

3. Pakai Minyak Zaitun

Konsumsi Minyak Zaitun Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak?
Ilustrasi.

Selain pakai minyak canola, kita juga bisa pakai minyak zaitun secukupnya untuk menggoreng telur. Kelebihan dari penggunaan minyak zaitun ini adalah bisa menghasilkan telur mata sapi dengan rasa yang lebih "ringan". Sehingga tidak gampang bikin eneg selain bisa lebih menyehatkan untuk dikonsumsi. Kita bisa menghasilkan telur mata sapi yang bagian putihnya matang sempurna dengan bagian kuningnya yang masih berair, cocok untuk para penyuka telur mata sapi setengah matang.

4. Tambahkan Keju

Telur dan keju merupakan sumber protein yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan. Kalau ingin bisa kenyang lebih lama, kita bisa membuat telur mata sapi dengan menambahkan keju parut saat memasaknya. Rasa asin dan gurih keju bakal menambah kelezatan telur mata sapi.

Kita pun bisa berkreasi dengan menu telur mata sapi untuk membuatnya lebih lezat. Menaburkan biji wijen pada telur mata sapi setelah matang untuk dikonsumsi pun bisa membuatnya makin lezat. Atau mungkin Sahabat Fimela di sini punya tips lain untuk membuat telur mata sapi yang lebih enak?

Lanjutkan Membaca ↓