4 Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Penginapan Ketika Berlibur

Anisha Saktian Putri23 Apr 2019, 07:00 WIB
Ilustrasi/pixabay

Fimela.com, Jakarta Penginapan murah seperti Airbnb memang menjadi pilihan ketika kita merencanakan liburan low budget. Bukan hanya murah, Airbnb juga dapat menampung banyak orang dalam satu rumah.

Maka tak heran jika Airbnb menjadi pilihan penginapan ketika berlibur bersama keluarga, Namun, sayangnya kita harus berhati-hati sebab kamera tersembunyi banyak terdapat di ruang-ruangan penginapan.

Dilansir dari Huffpost, kejadian tersebut terjadi kepada keluarga Nealie dan Andrew Barker bersama keluarganya. Ketika itu, keluarga ini menyewa rumah Airbnb saat liburan di Eropa.

Sayangnya. liburan terganggu ketika mereka menemukan kamera tersembunyi. "Kami baru saja menemukan kamera tersembunyi di kotak alarm asap di ruang tamu pribadi,"ujarnya.

Padahal, berdasarkan peraturan pemilik rumah tidak boleh menggunakan kamera tersembunyi di kamar tidur dan kamar mandi.

Mengetahui kamera tersembunyi

Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

Agar tidak terjadi hal yang sama, berikut beberapa cara mengetahui terdapat kamera tersembunyi di tempat penginapanmu.

1. Cari benda yang tidak pada tempatnya

Jack Plaxe adalah pendiri dan direktur Security Consulting Alliance di Kentucky. Dia mengatakan para pelancong dapat bertanya pada diri mereka sendiri, "Jika seseorang mencoba merekam saya, di mana mereka akan meletakkan kamera untuk mendapatkan gambar yang mereka inginkan?"

Carilah hal-hal di tempat-tempat yang tidak biasa, kata Carrie Kerskie, CEO Griffon Force, sebuah kelompok yang berbasis di Florida yang menasihati klien tentang pencurian identitas dan masalah privasi pribadi, seperti kamera tersembunyi. "Jika melihat detektor asap di tempat yang terlihat agak aneh, jika ada dua di antaranya tepat di sebelah satu sama lain, bisa jadi terdapat kamera di tempat tersebut," kata Kerskie.

2. Mematikan lampu

Salah satu praktik yang mudah adalah mematikan lampu di ruangan dan menggunakan senter untuk memindai di mana sahabat Fimela mencurigai kamera berada. “[Kamera] memiliki lensa yang seperti kaca. Jika melihat radio jam yang ada di sebelah tempat tidur dan melihat tempat yang tidak biasa yang memantulkan cahaya, itu pertanda ada kamera tersembunyi," tambahnya.

"Jika mematikan lampu dan menyinari dengan senter pada perangkat yang dicurigai, kemungkinan besar akan mendapatkan pantulan dari lensa," ungkapnya.

3. Pindai jaringan Wi-Fi

Beginilah cara Barker, yang bekerja sebagai konsultan TI, mengatakan bahwa ia menemukan kamera tersembunyi di rental Airbnb milik keluarganya. Di blog perjalanannya, ia menguraikan bagaimana penyewa dapat menggunakan aplikasi pemindai jaringan yang akan mencantumkan perangkat yang terhubung di jaringan, bersama dengan alamat IP dan produsen mereka. Dalam kasus Barker, kecurigaannya muncul ketika sebuah pabrik bernama "IPCAMERA."

Barker menggunakan aplikasi Android yang disebut Network Scanner. Ada juga aplikasi seperti Fing, yang tersedia di iOS dan Android, yang dapat memindai jaringan Wi-Fi dan daftar semua perangkat lain yang menggunakan jaringan yang sama.

"Jika And melihat sesuatu yang lain di sana, itu bisa menjadi indikasi bahwa ada kamera," kata Kerskie

4. Menutupi tempat yang dicurigai

Jika merasa curiga sedang diawasi tetapi tidak dapat mengonfirmasi hal itu, satu solusi sederhana sederhana dan murah untuk mengatasi kecemasan ini adalah menutupi objek yang menjadi perhatian.

"Jika memiliki kecurigaan tentang sesuatu di dalam ruangan, seperti, misalnya, jam alarm, ambilah pakaian dari kopermu dan menggantungnya di atas jam alarm tersebut," kata Plaxe.

Sahabat Fimela juga dapat mencabut objek yang tidak perlu dicolokkan. Beberapa kamera tersembunyi membutuhkan sumber listrik yang dicolokkan agar berfungsi.

Lanjutkan Membaca ↓