4 Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Milenial

Anisha Saktian Putri22 Apr 2019, 06:00 WIB
[Bintang] Kamu Lebih Suka Kerja Karena Passion atau Gaji Besar?

Fimela.com, Jakarta Depresi di kalangan generasi muda trus meningkat, hal ini dikarenakan adanya tekanan dari media sosial, ekonomi, dan tujuan hidup yang tidak pasti.

Hal inilah yang membuat banyak milenial mengalami kelelahan secara mental. Padahal, agar tidak mengalami stres yang berujung depresi, sahabat Fimela harus merawat pikiran atau berfikir secara positif. Dan tidak selalu mendengarkan dan menginginkan seperti orang lain.

Untuk melakukan hal tersebut, sahabat Fimela dapat memulainya dari hal yang sederhana, seperti membuat hari-harimu menyenangakan. Bahkan, sahabat Fimela dapat merencang kamar tidur yang nyaman, agar istirahat pun semakin berkualitas.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk kesehatan mental, dilansir dari healthline.com berikut ulasannya.

1. The Power of 'No'

Mengatakan tidak pada orang lain, dapat membantu membangun batasan dalam hubungan. Kata tersebut mencegahmu kehabisan tenaga secara berlebihan.

Sahabat Fimela mungkin perlu mengatakan tidak jika merasa beban di tempat kerjamu terasa begitu berat. Begitupun dengan hubunganmu, ketika membuat sebuah komitmen pikirkan keuntungan dan tidak membuat kesehatan mental terganggu.

2. Menulis jurnal

Menulis jurnal dapat membantumu mengatasi kecemasa, mengurangi stres, dan mengatasi depresi. Serta dapat membantu meningkatkan suasan hatimu.

Selain itu, memudahkanmu melacak gejala yang mengarah kepada kesehatan mentalmu. Menulis jurnal dapat dilakukan dengan car menulis di buku diary, setiap hal yang sahabat Fimela lakukan.

3. Yoga

[Fimela] Ilsutrasi Pilates
Ilustrasi Pilates dan Yoga | pixabay.com

Tak perlu pergi ke pusat kebugaran untuk melakukan olahraga yoga. Sahabat Fimela cukup melakukannya di kamar tidurmu. Manfaatkan youtube untuk melihat gerakan yoga, lakukan selama 10 menit. Yoga membantumu mengurangi rasa stres.

4. Tuliskan hal-hal yang menyenangkan dalam hidup

Sahabat Fimela dapat membuat 10 daftar kebahagian yang pernah terjadi selama hidupmu. Ketika merasa sedih atau depresi, sahabat Fimela dapat melihat daftar kebahagian tersebut. Hal ini dapat membuat hidupmu termotivasi kembali.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓