Atasi Rasa Cemas dengan Konsumsi Makanan Berikut

Nabila Mecadinisa22 Apr 2019, 09:30 WIB
stres

Fimela.com, Jakarta Rasa cemas sering merusak hari-harimu. Tapi bukan berarti tak bisa teratasi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa cemas. Meditasi menjadi salah satu cara yang bisa menekan rasa cemas yang dirasakan. Atau lewat sejumlah makanan, kamu juga bisa mengatasi rasa cemas. Simak sejumlah jenis makanan yang bisa atasi rasa cemas yang dirasa.

 Green tea

Meminun teh hijau bisa menimbulkan rasa hangat dan nyaman. Green tea memiliki kemampuan untuk menciptakan rasa tenang. Hal ini dikarenakan green tea memiliki kandungan amino acid L-theanine, yang berperan untuk stimulasi produksi dopamine dan serotonin. Dopamine adalah neurotransmitter yang menjadikan otak berfungsi secara dinamis sehingga dapat menjadikan mood lebih stabil dan membutuskan rantai dari pikiran-pikiran yang membuat cemas.

Cara mengatasi rasa cemas

Stres - sakit kepala - lelah (iStock)
Ilustrasi stres - sakit kepala - lelah (iStockphoto)

Dark Chocolate

Mengkonsumsi dark chocolate akan menekan hormon stres termasuk kortisol dan epinephrine. Dengan konsumsi sebanyak 1 bar setiap harinya, maka akan meminimalisir hormon stres sehingga kamu akan merasa lebih tenang.

 Almond

 Almond adalah sumber terbaik adri magnesium dan selenium. Dengan konsumsi almon, maka akan membantu kamu untuk meminimalisir rasa stres. Hal ini berkaitan dengan kerja otak yang tidak seimbang bila kekurangan magnesium. Jadi, pastikan untuk konsumsi magnesium secara cukup.

 Blueberry

 Blueberry kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi yang juga dapat mengatasi rasa cemas, stres, depresi dan lelah. Kandungan antioksidan tinggi di dalamnya menjadi agen therapeutic dalam mengkombinasikan kerusakan oksidatif penyebab stres.

 Alpukat

Alpukat memiliki level vitamin B yang tinggi, Seringkali rasa cemas yang dimiliki akibat kekurangan vitamin . Bahkan sebuah penelitian juga sudah membuktikan kebenarannya. Dari sampel yang diambil dari para partisipannya yang kekurangan vitamin B ternyata memiliki rasa cemas yang sangat tinggi.

 Jadi telaah baik-baik apa yang menyebabkan rasa cemasmu itu muncul. Segera atasi dan bila tidak juga teratasi atau justru semakin parah, saatnya kamu berkonsultasi dengan ahlinya. Karena rasa cemas yang berkelanjutan akan buruk bagi kesehatan.

 

Lanjutkan Membaca ↓