3 Tanaman Pereda Stres

fitriandiani22 Apr 2019, 19:00 WIB
Tanaman indoor pereda stres

Fimela.com, Jakarta Banyak cara alami yang bisa membantu meredakan stres. Untuk sekadar meredakan penat kala aktivitas padat, kamu bisa mengandalkan beberapa tanaman yang mudah didapatkan dan bisa diletakkan di ruangan.

Ada penelitian ilmiah yang menunjukkan beberapa tanaman terbukti dapat meredakan jumlah stres fisiologis dan psikologis yang mungkin dialami sehari-hari, dilansir dari PopSugar.

Jika tertarik untuk menambah beberapa tanaman dalam ruangan sebagai dekorasi sekaligus pereda stress, 3 tanaman ini bisa jadi opsi!

Lavender

[Bintang] 5 Jenis Bunga yang Ternyata Enak Dimakan
Lavender. (Foto: mypartytrends.com)

Efek menenangkan yang diberikan oleh lavender menjadikannya sempurna untuk diletakkan di meja kerja, atau di sisi tempat tidur untuk mendorong tidur nyenyak. "Baunya dapat memperlambat detak jantung dan merendahkan tekanan darah serta menekan kadar stres. Memiliki tanaman ini di sekitarmu dapat meredakan beberapa tanda depresi," ujar Donna Letier, seorang plant expert dikutip dari PopSugar.

Rosemary

[Bintang] 6 Tumbuhan Bumbu dan Rempah yang Bisa Ditanam di Dapur Rumahmu
Rosemary. (Via: notonthehighstreet.com)

Latier juga sama baiknya dengan lavender. Bahkan, rosemary tak cuma meredakan stres tapi juga sudah terbukti meningkatkan fungsi memori.

Basil

Pohon basil memiliki bentuk yang unik, serta memiliki manfaat bagi pikiran dan tubuh. Baunya diyakini memiliki manfaat adaptogenik yang melindungi dari stres. Letier menyarankan untuk mengambil beberapa lembar daun basil, remas di tangan dan hirup aromanya langsung agar membantu melenyapkan perasaan negatif.

Lanjutkan Membaca ↓