Sukses

Lifestyle

Kartini Masa Kini: 6 Pekerjaan Pria yang Kini Diminati Perempuan

Fimela.com, Jakarta Setiap orang berhak untuk memilih karier yang ingin dijalani. Namun, dulu pekerjaan tertentu identik dengan pria. Namun, kini hampir semua jenis pekerjaan bisa dilakoni semua gender. 

Batas gender dalam dunia pekerjaan yang semakin pudar ini membuat pekerjaan-pekerjaan yang didominasi pria mulai diminati para perempuan. Sejak adanya emansipasi, kesempatan untuk berkarier dan mendapatkan pendidikan yang layak untuk perempuan semakin terbuka lebar. Menyambut Hari Kartini, berikut ini beberapa pekerjaan yang dulu didominasi pria kini mulai diminati perempuan. 

Pertambangan

Berdasarkan laporan Pedestrian TV, ada beberapa pekerjaan yang didominasi pria dan sejak beberapa tahun belakangan mulai diminati perempuan. Salah satunya pertambangan batubara. Di Amerika Serikat, sejak tahun 2018 sudah mulai banyak perempuan yang bekerja di bidang ini. 

Namun, masih juga ada beberapa kendala dan rasa tidak nyaman bagi pekerja perempuan di sana atas perlakuan para pekerja pria di industri ini. Seperti misalnya, banyak pria merasa pekerjaan ini terlalu berat dan lebih memilih melihat perempuan bekerja di tempat lain. "Tidak tahu karena mereka tidak ingin menyakiti kita atau merasa kita tidak bisa bekerja di pertambangan dan tidak akan pernah setara dengan mereka," kata Jen salah satu pekerja di sebuah pertambangan batu bara di Amerika Serikat. 

Industri Gaming

Gamer bukan hanya para pecinta game yang ada di YouTube. Tetapi juga mereka pecinta game yang sering ikut berbagai tingkat turnamen. Dunia ini memang dunia baru. Kebanyakan, para pria yang menggeluti bidang ini. Namun kini mulai banyak gamer perempuan bermunculan. 

Salah satunya, Nixia yang sudah menggeluti dunia game sejak 2008, juga ada Olivia Gosandra, Sarah Viloid, FF Audrey, dan masih banyak lagi. 

Pilot

Pilot dahulu didominasi oleh pria. Namun belakangan ini sudah mulai banyak pilot perempuan bermunculan. Bukan hanya itu, pilot-pilot perempuan asal Indonesia yang mulai bermunculan ini usianya juga masih sangat muda. 

Kamu mungkin pernah mendengar Tania Artawidjaya, pilot Garuda Indonesia yang masih berusia 25 tahun. Juga ada Patricia Yora, Mellisa Anggiarti, Tifany Wulan Maringka, Sari Ardisa, dan masih banyak lagi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading