Resensi Buku: Make Your Story Matter - Arif Rahman

Endah Wijayanti20 Apr 2019, 11:31 WIB
make your story matter

Fimela.com, Jakarta Judul: Make Your Story Matter (40 Cara Membangun Cerita di Era Pemasaran Konten)

Penulis: Arif Rahman

Desain sampul: Isran

Layout: Arif Rahman

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Dalam era media sosial saat ini, begitu banyak cerita yang bersimpangan-siur, berisik, dan riuh oleh jargon-jargon, sehingga cerita yang biasa tak istimewa. John Le Carre, salah seorang novelis terkemuka, berkata, "kucing menduduki kaset bukan cerita. Kucing menduduki kaset anjing baru cerita."

Inilah kerangka yang dipaparkan lewat buku ini: membuat sebuah tulisan dan merangkainya menjadi cerita yang lengket dalam benak orang, terutama ketika tulisan tersebut digunakan sebagai bagian dari aktivitas pemasaran.

***

Disadari atau tidak, menulis merupakan keterampilan yang dibutuhkan di semua aspek. Khususnya di industri pemasaran yang kian berkembang di era digital ini. Bagi yang bekerja di bidang pemasaran konten atau yang tertarik untuk memahami lebih dalam mengenai cara membuat konten yang baik dan tepat sasaran, buku Make Your Story Matter bisa jadi panduan awal kita.

Setiap hari kita mengonsumsi banyak konten di internet. Baik melalui media sosial maupun laman blog dan media daring. Di balik konten yang mengena di hati, ada strategi yang pasti sudah dibuat dengan matang. Tapi tak jarang kita masih menemukan banyak konten “sampah” yang isinya hanya buang-buang waktu saja. Sebagai pengguna internet, kita pasti bisa menyadari mana konten yang bagus dan mana yang dibuat sembarangan.

Bagi pekarya kreatif, menciptakan konten yang bagus tidak serta merta bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Cara membuat struktur tulisan yang baik, membuat judul dan tagline yang tepat, hingga menciptakan kesan yang mendalam dari tulisan yang dibuat jelas butuh strategi sendiri. Dalam buku Make Your Story Matter kita akan memahami 40 cara membangun cerita di era pemasaran konten yang terbagi menjadi tiga bagian utama: Kekuatan Cerita & Nilai Sosial yang Membuatnya Berdaya; Pendongeng Memantik Kreativitas Seorang Pencerita; dan Meramu Kisah, Meracik Cerita, dan Memamerkan Karya Kita. Ditulis dengan bahasa yang ringan dalam artikel-artikel ringkas, buku ini sangat nyaman dibaca dan mudah dipahami oleh siapa saja.

 

2 of 3

Kekuatan Cerita

make your story matter 1
Kekuatan cerita./Copyright Endah

Keterampilan dan keahlian menulis bisa diperoleh dengan banyak latihan. Hanya memahami teori tanpa langsung mempraktikannya juga tak akan membawa kita kemana-mana. Tapi asal menulis saja juga hasilnya tak bisa optimal. Tak semua tulisan bernilai ekonomis, tulisan perlu dikonversi agar bisa menjadu produk yang memiliki nilai jual dan dapat dipasarkan. Melalui buku ini kita kembali diingiatkan bahwa di era pemasaran konten saat ini, kemampuan merangkai kata menjadi hal penting yang harus dipelajari. Untuk membangun personal branding atau kebutuhan bisnis lainnya, kemampuan menulis yang baik merupakan salah satu syarat utama.

Berbagai macam tren dan fenomena berita viral juga disentil di buku ini. Seperti bagaimana sesuatu yang ketika pertama kali dibuat tidak terkenal tapi karena “diceritakan” dengan cara berbeda, sesuatu itu menjadi sangat fenomenal. Benar adanya bahwa sebuah cerita dapat populer ketika didukung oleh situasi dan lingkungan yang sesuai.

3 of 3

Memahami Emosi Manusia dalam Proses Pembuatan Konten

make your story matter 2
Memahami emosi manusia./Copyright Endah

Melalui buku ini pula kita diajak untuk memahami lebih jauh soal emosi dan rasionalistas dasar manusia. Meramu tulisan dan konten yang bisa mengena di hati ada celahnya sendiri. Menciptakan konten yang sesuai dengan mood dan perilaku target pembaca juga perlu “resepnya” sendiri. Meracik sebuah tulisan atau konten yang cemerlang ada “bahan-bahan” penting yang harus kita punya.

Ingin memulai karier sebagai pencerita? Ingin memiliki karier dengan memaksimalkan kemampuan menulis dan merangkai cerita? Atau sekadar ingin membuat konten yang lebih bagus untuk akun blog pribadi atau akun media sosial kita? Make Your Story Matter merupakan buku yang cocok untukmu. Bagi para penggiat konten atau yang berkecimpung di dunia komunikasi dan penulisan melalui platform digital, buku ini memberi penyegaran yang membuka wawasan dan pengetahuan kita jadi lebih luas lagi.

Lanjutkan Membaca ↓