Merebus Telur agar Tidak Pecah, Simak 4 Tips Ini!

Endah Wijayanti21 Apr 2019, 11:02 WIB
telur

Fimela.com, Jakarta Telur bisa diolah jadi aneka hidangan lezat. Kaya dengan kandungan protein, telur bisa diolah dengan cara digoreng, dikukus, dan direbus. Kita bisa menggunakan aneka saus dan bumbu untuk membuat hidangan telur yang lezat. 

Hanya saja kadang saat kita merebus telur, kita sering mendapati telur pecah atau cangkangnya retak dan membuat isinya agak terburai. Kalau telur rebus dalam keadaan pecah, hasil olahannya pun jadi kurang sempurna. Nah, untuk mencegah telur pecah saat direbus, coba ikut beberapa tips sederhana ini yuk.

1. Telur dari Kulkas Diistirahatkan Lebih Dahulu

Telur yang masih dingin sebaiknya tidak langsung direbus. Istirahatkan dulu beberapa saat, baru direbus. Dengan begini, risiko telur pecah saat direbus bisa dicegah.

2. Telur Direbus dalam Posisi Tenggelam Sempurna

Gunakan cukup banyak air dan pastikan telur terendam sempurna. Pakai air bersuhu ruang, tata telur sedemikian rupa agar tidak terlalu sesak. Saat air mendidih, telur bisa saling berbenturan satu sama lain. Sehingga, ada baiknya kita tak memaksakan memasukkan semua telur dalam satu panci bila dirasa terlalu penuh.

3. Pakai Api Sedang

Gunakan api sedang untuk merebus telur. Umumnya dibutuhkan waktu 10 menit hingga telur matang sempurna. Kita bisa pakai timer agar tidak kelupaan. Bila api yang digunakan terlalu panas, air bisa bergolak terlalu keras dan bisa menciptakan benturan pada telur atau retaknya cangkang telur.

4. Tambahkan Garam atau Cuka

Kalau ingin nantinya telur rebus bisa lebih mudah dikupas, kita bisa menambahkan garam atau cuka pada air rebusan. Cukup 1/2 sdt garam atau 1 sdt cuka untuk satu panci air rebusan. Jangan terlalu banyak karena nanti bisa berpengaruh pada rasanya.

Tidak terlalu sulit kan? Semoga tips-tips di atas bisa makin memudahkanmu membuat telur rebus yang sempurna dan tidak gampang pecah.