5 Varian Seblak Favorit yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Endah Wijayanti20 Apr 2019, 14:18 WIB
Seblak

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang paling doyan makan seblak? Kuliner khas Bandung ini pun digemari oleh masyarakat Indonesia dari berbagai daerah. Membuatnya sendiri di rumah pun sangat mudah.

Bagi yang ingin mencoba membuat seblak yang sedap di rumah, ada beberapa varian favorit yang bisa dicoba, lho. Keuntungan membuat seblak sendiri adalah kita bisa  menggunakan bahan-bahan pilihan sekaligus menyesuaikan bumbu dan tingkat kepedasan sesuai selera. Selengkapnya, yuk simak di sini.

1. Seblak Sosis

Seblak sosis ini sangat mudah dibuat. Dengan bumbu garam, bawang putih, bawang merah, kencur, penyedap rasa, dan cabai rawit kita sudah bisa membuat seblak yang enak. Kita bisa menyesuaian tekstur kerupuk kanji yang digunakan sesuai selera, mau direndam sampai empuk atau agak bantat pun bisa. 

 

2 of 3

2. Seblak Goreng

Seblak
Seblak. (Foto: Kokiku Tv)

Pakai makaroni, kita bisa membuat seblak goreng yang istimewa. Makaroni, kerupuk mentah yang sudah direndam air panas, dan sosis lalu dibumbui dengan bawang merah, bawang bombay, telur, cabai bubuk, merica bubuk, kencur, dan saus sambal dengan gula dan garam secukupnya, kita bisa membuat seblak goreng yang nendang. Mau ditambah sayur sawi juga jadi makin nikmat.

 

3 of 3

3. Seblak Basah

Seblak, Jajanan Khas Jawa Barat yang Pedas dan Lezat
Seblak.

Seblak basah ini bisa jadi favorit para pecinta makanan yang berkuah pedas. Pas disantap saat cuaca dingin atau ketika hujan. Tapi dinikmati di tengah siang hari yang terik pun bakal tetap nendang. Dengan kerupuk aci yang bertekstur kenyal kita bisa menciptakan seblak berkuah dengan bumbu cabai rawit, bawang merah, bawang putih, air asam jawa, kencur, dan buah tomat. Sensasi pedas asamnya dijamin bikin ketagihan.

4. Seblak Cilok

Wah, yang satu ini juga wajib dicoba. Seblak cilok ini merupakan kombinasi yang sempurna antara cilok dan bumbu seblak yang nikmat. Bila selama ini kita menikmati cilok dengan saus sambal, saus tomat, atau saus kacang, kini kita bisa menikmatinya dengan bumbu seblak yang lezat. 

5. Seblak Ayam

Ingin membuat olahan yang berbeda dengan daging ayam? Coba bikin seblak ayam. Kita bisa pakai potongan daging ayam, bisa juga ceker ayam, ditambah racikan bumbu seblak yang nendang untuk membuat hidangan yang lezat. Dinikmati dengan nasi putih atau langsung dimakan tanpa nasi pun enak.

Kira-kira sekarang mau coba bikin seblak yang mana dulu, nih? Kita juga bisa berkreasi dengan aneka bahan lainnya dan menambahkan ragam sayuran sesuai selera untuk menciptakan seblak yang istimewa.

 

Lanjutkan Membaca ↓