5 Hidangan Paling Mantap dengan Bumbu Bacem, Sudah Pernah Coba Semua?

Endah Wijayanti20 Apr 2019, 15:43 WIB
Telur puyuh bacem

Fimela.com, Jakarta Bumbu bacem memang punya kekhasannya sendiri. Hidangan bisa terasa lebih sedap dengan sensasi manis yang memanjakan lidah. Anak-anak hingga orang dewasa dari segala usia juga sangat menikmati olahan dengan bumbu bacem. 

Tapi tahukah hidangan apa saja yang bisa dibuat jadi lebih nikmat dengan bumbu bacem? Kali ini Fimela akan memberi sejumlah rekomendasi hidangan sedap yang bisa dibuat dengan bumbu bacem. Siapa tahu bisa jadi referensimu untuk membuat olahan yang lebih sedap dengan bumbu bacem.

1. Ceker Ayam Bumbu Bacem

Yup, kita bisa membuat ceker ayam bumbu bacem yang lezat. Selain bisa dibuat jadi olahan ceker dengan bumbu pedas, ceker juga bisa diolah pakai bumbu bacem yang bakal disukai semua anggota keluarga. Dengan bumbu gula merah, kecap manis, daun salam, lengkuas, gara, dan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, dan ketumbar, kita sudah bisa membuat ceker bacem yang mantap.

 

2. Telur Bacem

Telur Bacem
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ada banyak masakan yang terbuat dari telur. Salah satu hidangan yang paling favorit adalah telur bacem. Rasanya yang gurih dan manis menggugah selera disetiap gigitannya, membuat telur bacem idola siapa saja. Kalau selama ini kita sudah bosan dengan telur rebus biasa atau telur bumbu balado, sekarang saatnya mencoba untuk membuat telur bumbu bacem yang enak ini.

3. Sate Usus Bumbu Bacem

Sate usus bumbu bacem ini punya kombinasi rasa gurih dan manis yang pas. Daging usus ayam yang sudah dicuci bersih bisa diolah dengan bumbu gula merah, kaldu bubuk, gula pasir, garam, lada bubuj, kecap manis, lengkuas, daun salam, dan bumbu halus (bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan jahe). Sudah kebayang nggak tuh rasanya yang sedap dan nikmat?

4. Bebek Bakar Bumbu Bacem

Bebek Goreng
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Pernah coba hidangan bebek bakar bumbu bacem? Daging bebak bisa diolah jadi masakan super lezat dengan bumbu bacem yang nikmat. Kalau selama ini kita hanya tahu olahan daging bebek bakar bumbu kecap biasa, kini saatnya coba pakai bumbu bacem. Dijamin bakal bisa bikin kita ketagihan.

5. Ayam Goreng Bacem

Yang satu ini jangan sampai kelewatan. Ayam goreng bacem ini bisa dinikmati dengan sambal dan lalapan. Dinikmati dengan nasi putih hangat pun sudah lezat. Daging ayam dibumbui dengan air kelapa, lengkuas, daun salam, serta bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, ketumbar bubuk, jahe, dan asam jawa bisa jadi hidangan yang tampak sederhana tapi super lezat. Anak-anak pun pasti suka dengan rasanya yang ada manis-manisnya.

Dari semua hidangan bumbu bacem ini, mana saja yang sudah pernah dicoba atau dicicipi? Atau mungkin tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Selain tahu dan tempe, kita bisa membuat aneka kuliner lezat pakai bumbu bacem. 

Lanjutkan Membaca ↓