4 Makna Hari Kartini bagi Perempuan Pejuang E-commerce

Vinsensia Dianawanti21 Apr 2019, 13:00 WIB
Clarissa Jane Amadea

Fimela.com, Jakarta Keberanian sosok R.A Kartini membawa perempuan Indonesia mampu memasuki ranah yang lebih luas. Di era perkembangan teknologi seperti saat ini membuka banyak potensi dan kesempatan bagi perempuan untuk mencapai lebih banyak hal.

Adalah Tokopedia sebagai e-commerce Indonesia yang kini terus berkembang dan memiliki cerita inspirasi dari perempuan yang berperan di baliknya. Mereka memiliki makna tersendiri soal Hari Kartini yang jatuh pada hari ini (21/4/2019).

1. Berani mencoba hal baru di zona nyaman

Hal inilah yang dirasakan Clarissa Jane Amadea. Berasal dari jurusan akuntasi, kini Icha justru menjadi Culture & Engagemnet Specialist di Tokopedia. Meski melenceng jauh, Icha justru belajar banyak hal dalam pengembangan diri. Ia mendapatkan kebebasan untuk belajar, berkarya, dan membawa perubahan yang lebih positif.

2. Tidak ada alasan untuk berhenti mengejar mimpi

 

Siska Indah Pratiwi selaku Senior Communication dan Service Culture di Tokopedia
Simak makna Hari Kartini bagi perempuan yang bekerja di e-commerce, Tokopedia (Foto: Tokopedia)

Siska Indah Pratiwi selaku Senior Communication dan Service Culture di Tokopedia memiliki semangat kerja dan ketekunan yang tinggi. Ia dibesarkan dengan pengalaman yang menempanya menjadi sosok yang kuat. Hal ini membuat Sisca untuk tidak berhenti mengukir prestasi meski pernah mengalami masa kelam. Ia sadar bahwa perempuan dan laki-laki harus sama-sama mandiri dan tidak bergantung secara penuh kepada orang lain.

3. Menjadi pemimpin yang tangguhMenjadi Senior Digital Business Development di Tokopedia membuat Rininta Syahrir mampu membentuk platform donasi bagi korban bencana tsunami dan gempa bumi di Palu dan Selat Sunda. Ia menuturkan menjadi pemimpin bukan berarti menjadi sosok yang dominan. Melainkan mampu mendelegasikan tanggung jawab dan mendorong seluruh anggota tim untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan. Selain itu, seorang pemimpin bukan sekadar memberi jawaban terhadap suatu masalah. Namun juga membantu orang lain untuk memahami keadaan dan membimbing mereka menemukan solusi yang tepat.

4. Berani bangkit mencapai kesuksesanMelissa Siska Juminto yang merupakan Chief Operating Officer Tokopedia pernah membangun startup sendiri untuk merasakan kemudahan belanja dengan memanfaatkan teknologi dan internet. Akan tetapi, startup yang ia bangun tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Kegagalan justru membuat Melissa tetap semangat untuk mempelajari industri ini. Menurutnya, menjadi perempuan tidaklah mudah dan harus terus melawan status quo. Apapun yang orang katakan, tidak boleh membuat perempuan menyerah. Namun justru membuat perempuan mampu meraih apa yang ia cita-citakan.

3. Menjadi pemimpin yang tangguh

Rininta Syahrir
Simak makna Hari Kartini bagi perempuan yang bekerja di e-commerce, Tokopedia (Foto: Tokopedia)

Menjadi Senior Digital Business Development di Tokopedia membuat Rininta Syahrir mampu membentuk platform donasi bagi korban bencana tsunami dan gempa bumi di Palu dan Selat Sunda. Ia menuturkan menjadi pemimpin bukan berarti menjadi sosok yang dominan. Melainkan mampu mendelegasikan tanggung jawab dan mendorong seluruh anggota tim untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan. Selain itu, seorang pemimpin bukan sekadar memberi jawaban terhadap suatu masalah. Namun juga membantu orang lain untuk memahami keadaan dan membimbing mereka menemukan solusi yang tepat.

4. Berani bangkit mencapai kesuksesan

Melissa Siska Juminto selaku Chief Operating Officer Tokopedia
Simak makna Hari Kartini bagi perempuan yang bekerja di e-commerce, Tokopedia (Foto: Tokopedia)

Melissa Siska Juminto yang merupakan Chief Operating Officer Tokopedia pernah membangun startup sendiri untuk merasakan kemudahan belanja dengan memanfaatkan teknologi dan internet. Akan tetapi, startup yang ia bangun tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Kegagalan justru membuat Melissa tetap semangat untuk mempelajari industri ini. Menurutnya, menjadi perempuan tidaklah mudah dan harus terus melawan status quo. Apapun yang orang katakan, tidak boleh membuat perempuan menyerah. Namun justru membuat perempuan mampu meraih apa yang ia cita-citakan.

Lanjutkan Membaca ↓