Bukti Studi, Ini Alasan Orang yang Olahraga Hidupnya Lebih Bahagia!

Febi Anindya Kirana22 Apr 2019, 09:30 WIB
perempuan

Fimela.com, Jakarta Banyak porang hanya berpikir bahwa olahraga hanya akan bisa membentuk otot, menurunkan berat badan atau mungkin agar dapat pacar. Tapi tak banyak yang tahu bahwa olaharaga ternyata snagat erat dengan tingkat kebahagiaan sesorang.

Secara ilmiah, hal ini sangat bisa dijelaskan. Orang yang berolahraga bukan hanya memiliki tubuh lebih sehat, bugar dan seksi, tapi juga punya tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, dan memiliki kadar stres yang lebih rendah.

Telah banyak penelitian menemukan bahwa aktivitas fisik semacam olahraga mampu merangsang pelepasan hormon dopamin, yang menjadi salah satu hormon yang melawan stres sehingga orang yang melakukan olahraga mampu merasa lebih lega, lebih puas dan bahagia dengan apa yang dimilikinya saat ini.

bahagia
Photo by David Hurley on Unsplash

Apalagi, semakin bertambahnya usia, tubuh kita akan secara bertahap kehilangan kemampuan melepaskan hormon dopamin dengan sendirinya, sehingga kita butuh pemicu untuk bisa melepaskan hormon dopamin tersebut, salah satunya adalah dengan olahraga.

Seperti juga dikatakan Daniel Landers, seorang profesor emeritus di departemen kinesiologi di Arizona State University, bahwa olahraga bisa jadi alternatif pengobatan pelepasa stres, relaksasi dan depresi.

Jadi, lebih banyaklah olahraga mulai sekarang dan menjadilah pribadi lebih bahagia.

tonton video ini

Lanjutkan Membaca ↓