Jenis Karbohidrat yang Baik Dikonsumsi

Nabila Mecadinisa22 Apr 2019, 14:30 WIB
Makanan yang Mengandung Karbohidrat Sehat

Fimela.com, Jakarta Banyak yang meenghindari untuk konsumsi karbohidrat karena alasan takut bobot tubuh bertambah. Padahal, karbohidrat tetap dibutuhkan tubuh dan tidak semua jenis karbohidrat buruk bagi kesehatan. Simak sejumlah jenis karbohidrat yang ternyata sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari. Penasaran apa saja? 

 

 1. Roti gandum 

Gandum utuh memproduksi serat dan diproduksi secara sederhana tanpa melalui proses yang panjang sehingga tidak merusak komponennya. Oleh sebab itu, ini tandanya energi dari karbohidrat tersebut akan terbakar secara perlahan yang membuat kamu akan memiliki energi yang lebih panjang. Selain itu, gandum utuh juga diperkaya vitamin B yang penting untung mempertahankan metabolisme dan level energi dalam tubuh.

 2. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan  yang sangat direkomendasikan adalah black beans, chickpeas dan lentil. Hal ini karena kandungan tinggi akan folic acid, potassium, magnesium, dan serat. Bahkan kacang-kacangan juga sangat baik untuk menekan kadar kolesteril dan menjaga usus agar senantiasa sehat.

Karbohidrat yang baik untuk tubuh

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Sehat
Makanan yang Mengandung Karbohidrat Sehat (sumber: IStockphoto)

3. Buah

 Ya, buah masuk ke dalam kategori karbohidrat berkat kandungan gula yang dumilikinya. Saat konsumsi karbohidrat, maka kita akan memaksimalkan nutrisi dalam tubuh. Jadi dengan konsumsi buah, maka akan menambah energi dalam tubuh sekaligus berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Disarankan untuk menghindari non-organic peaches, strawberries, anggur, apel, ddan blueberrie.Karena biasanya, jenis buah tersebut cenderung mengandung pestisida yang tinggi.

 4. Gandum

Produk whole grain seperti brown rice, quinoa, steel-cut oats, dan beras adalah karbohidrat yang sehat. Whole grains dicerna secara perlahan dan mampu menekan kadar gula dalam darah yang biasanya menimbulkan inflamasi dalam tubuh.

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓