Bermasalah dengan Lemak Perut? Perbanyak Konsumsi Makanan Ini

fitriandiani23 Apr 2019, 06:00 WIB
Lemak perut

Fimela.com, Jakarta Lemak perut tak hanya merusak penampilan, tapi juga berbahaya bagi kesehatan. Lemak-lemak tersebut merilis hormon yang menyebabkan diabetes dan inflamasi. Selain itu, lemak perut juga terkait dengan penyebab kanker payudara, penyakit kardiovaskular, dan masalah kandung empedu.

Jika ingin terbebas dari itu semua, berarti lemak perut harus benar-benar dihindari. Caranya, tentu dengan olahraga dan diet. Lemak perut lebih responsif terhadap diet dan olahraga.

Untuk membantu proses menyingkirkan lemak tersebut, perbanyak konsumsi jenis makanan/minuman berikut:

1. Air putih dan teh tawar

Gula dan pemanis buatan adalah muuah utama lemak. Berhentilah mengonsumsi minuman manis dan beralihlah ke teh tawar, kopi hitam, green tea, dan tentu saja air putih. Hal ini juga berlaku untuk makanan, ya. Sebisa mungkin hindari yang manis!

2. Buah

tips menyimpan buah dan sayur
Ilustrasi buah dan sayur. Copyright shutterstock.com

Jika ingin camilan yang terasa manis, pilih buah-buahan. Buah juga mengandung gula, namun mengunyah buah-buahan membuat otakmu melepaskan 'sinyal' kenyang untuk tubuh. Kamu takkan makan terlalu banyak. Plus, buah mengandung fiber yang membuatmu kenyang lebih lama.

3. Sayur-sayuran

Bagaimanapun diolahnya, makanlah lebih banyak sayuran. Sayuran mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya. Seperti buah, sayur juga kaya akan fiber yang akan membuat tubuh sehat.

4. Daging

Daging
Ilustrasi daging/copyright shutterstock.com

Situs footeatsafe.com menuliskan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa semakin banyak protein baik seperti gaging merah, ayam, telur, dan ikan yang dikonsumsi, semakin sedikit lemak perut yang akan 'bersarang' di tubuh. Protein nabati juga bisa jadi opsi kalau kamu tidak mengonsumsi daging.

Hindari makanan yang diolah dengan teknik deep fried, karbohidrat olahan, juga makanan cepat saji untuk membantu proses dietmu. Good luck, ya! Demi tubuh sehat!

Lanjutkan Membaca ↓