Sukses

Lifestyle

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membumbui Makanan

Fimela.com, Jakarta Sebenarnya tidak ada aturan dalam membumbui makanan, setiap bumbu memiliki manfaat rasa yang berbeda. Jumlah bumbu yang tepat akan sangat bervariasi, tergantung pada bumbu yang digunakan, hidangan, dan orang yang memakannya.

Dilansir dari self.com, Rabu (24/4/2019), berikut ini adalah beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan saat membumbui makanan. Penasaran?

1. Tidak menggarami makanan

Pengasinan sangat penting karena sangat berpengaruh pada makanan. Garam memiliki banyak manfaat pada makanan, seperti membuat daging terasa lebih lezat.

2. Tidak menggunakan garam dalam jumlah yang tepat

Setiap kali kamu merebus sesuatu di dalam air, air tersebut seharusnya sangat asin, sekitar 1 sendok makan garam untuk setiap 4 liter air. Sedangkan garam yang ditambahkan ke dalam piring seharusnya lebih sedikit, mulai dari 1 sendok teh, kemudian cicipi terlebih dahulu.

Untuk daging, gunakan 1 sendok teh garam untuk setiap pon daging. Pastikan untuk membumbui daging selama setidaknya 1 sampai 24 jam sebelum mulai memasak.

3. Selalu menggunakan lada hitam

Lada hitam adalah bumbu makanan yang sangat bagus, dapat meningkatkan kemampuan untuk mencicipi makanan, karena menstimulasi kelenjar air liur.

Namun, lada hitam tidak perlu digunakan dalam segala masakan, seperti garam. Gunakan lada hitam saat dibutuhkan atau ketika kamu ingin.

4. Menggunakan rempah-rempah utuh

Sering membeli rempah-rempah utuh dan menggilingnya ketika akan digunakan? Proses penggilingan rempah-rempah dapat melepaskan senyawa volatil yang memberi aroma dan rasa pada makanan.

 

Menggunakan rempah-rempah lama

5. Menggunakan rempah-rempah lama

Jika kamu sudah menggunakan banyak bumbu dan tetap tidak dapat merasakan apapun, mungkin rempah-rempah yang kamu gunakan sudah sangat lama. Semakin lama rempah-rempah disimpan, semakin banyak senyawa yang hilang.

6. Tidak membiarkan bumbu masak

Memasak bumbu dapat melepaskan rasanya. Pastikan untuk memasak bumbu sebelum kamu memasak bahan lainnya.

7. Tidak mencicipinya

Satu-satunya cara untuk benar-benar mengetahui apa yang dibutuhkan dari sebuah hidangan adalah mencicipinya. Bumbui sedikit demi sedikit dan rasakan setiap penambahannya, lalu sesuaikan.

Saksikan video menarik setelah ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading