4 Cara yang Harus Dilakukan Jika Dua Teman Baikmu Bertengkar!

Febi Anindya Kirana24 Apr 2019, 12:10 WIB
teman

Fimela.com, Jakarta Menjadi pribadi dewasa bukan berarti dirimu bisa lepas begitu saja dari masalahan yang dapat menimpa lingkup pertemananmu. Meski memang sudah mengenal sejak lama, perbedaan pendapat dan argumen tetap bisa terjadi dan menimbulkan pertengkaran yang tak bisa dihindari.

Ada kalanya pertengkaran itu terjadi pada dua teman terbaikmu, lalu bagaimana cara menghadapi dan mengatasi hal ini? Tentu dirimu tak ingin persahabatan ini terpecah karena suatu masalah kan? Ini yang bisa sahabat Fimela lakukan untuk menyelamatkan pertemanan.

1. Jangan memihak

Pastikan dirimu tidak memihak salah satunya. Jadilah pihak yang netral, yang berada di tengah dan mencari jalan tengah agar keduanya bisa berbaikan dan menyelesaikan masalah dengan fair. Seperti diungkapkan psikolog Marie Land dalam Huffington Post, jangan biarkan salah satu dari mereka membuatmu memihak, sebaliknya, jadilah mediator mereka.

2. Dengarkan argumen dari kedua belah pihak

Karena dirimu menjadi pihak di tengah, ada baiknya mendengar pendapat dari keduanya, seperti apa duduk perkaranya dan analisis hal ini dengan bijak. Jangan membumbui permasalahan hingga menjadi tambah runyam. Bahkan jika memang dirimu ingin memihak salah satunya, tahan dirimu.

2 of 3

Cara Mengahdapi Teman yang Bertengkar

cinta
ilustrasi pertemanan/copyright Pexels/ELEVATE

3. Pertemukan mereka

Katakan "Aku harap kalian bisa membicarakan ini bersama dan menyelesaikan masalah dengan baik." Katakan bahwa dirimu merasa tak nyaman dengan situasi seperti ini. Kalian bisa berkumpul dan bertemu dengan niatan menyelesaikan masalah dan mempertahankan persahabatan, bukan untuk bertengkar babak kedua.

4. Dorong mereka untuk mengungkapkan dengan jujur

Mungkin akan canggung dengan suasana yang tak begitu enak ketika bertemu, namun mau tak mau mereka harus menghadapi ini jika kalian masih ingin persahabatan ini berlanjut. Setelah membicarakan dari hati ke hati, buat aturan dan batasan satu sama lain, apa yang mungkin bis adan tak bisa dibahas selanjutnya.

Setiap persahabatan memang punya ceritanya sendiri. Akan lebih baik jika bisa membicarakan dan menyelesaikan bersama untuk kepentingan persahabatan itu sendiri ya Sahabat Fimela.

3 of 3

Simak juga video berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓