5 Penyebab Gagal Diet, Pahami Biar Nggak Makin Stres ya!

Endah Wijayanti24 Apr 2019, 12:45 WIB
penyebab gagal diet

Fimela.com, Jakarta Niat hati ingin diet dan menurunkan berat badan. Tapi sudah berulang kali mencoba diet, selalu saja gagal. Ujung-ujungnya jadi makin kesal dan bikin stres. Coba deh sekarang pahami lagi apa saja sih hal-hal atau faktor paling umum penyebab gagal diet?

Asupan nutrisi yang baik merupakan salah satu kunci utama untuk usaha menurunkan berat badan yang efektif. Sengaja membuat diri lapar tanpa memahami kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh bisa menjadi salah satu penyebab diet yang gagal. Selain itu, gagalnya diet umumnya disebabkan oleh lima hal berikut ini. Langsung saja kita simak selengkapnya, ya.

1. Masalah Komitmen

Banyak orang yang memiliki pemikiran yang tidak realistis soal diet. Seperti mengharapkan berat badan turun dalam sekejap dengan sengaja tak makan berhari-hari. Ada juga yang berulang kali mangkir dari rencana diet yang sudah dibuat sebelumnya. Belum lagi yang sering bergonta-ganti metode diet. Kurangnya komitmen menjadi salah satu penyebab utama gagalnya diet. Kalau ada yang melenceng sedikit saja dari komitmen yang dibuat, rasanya sulit untuk membuat usaha diet kita berhasil.

 

 

 

2 of 3

2. Kurang Tidur

[Fimela] Ilustrasi Tidur
Tidur | unsplash.com

Seperti yang dilansir dari lifehack.org, tidur memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Tidur juga membantu menjaga keseimbangan fungsi hormon yang berperan dalam mengatur rasa lapar (ghrelin) dan kenyang (leptin). Saat kita kurang tidur, kada ghrelin akan meningkat dan leptin menurun. Akibatnya kita jadi gampang lapar, nafsu makan pun jadi sulit dikontrol. Ada penelitian yang menyebutkan dari setiap satu jam tidur yang berkurang, risiko obesitas akan meningkat. Disarankan untuk tidur 7-8 jam dengan jadwal yang sama untuk membantu mengoptimalkan usaha dietmu.

3. Jadwal Makan yang Tidak Tepat

Saat ini ada banyak metode diet yang bisa dicoba. Sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memilih metode diet yang sesuai dengan kebutuhan dan tetap bisa mengimbangi aktivitas kita sehari-hari. Dalam berbagai metode diet, satu hal yang paling sering ditekankan adalah soal pengaturan jadwal makan.

Diet bisa gagal bila kita salah mengatur waktu atau jadwal makan yang tepat. Pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan efek negatif pada kesehatan, bahkan meningkatkan risiko penyakit obesitas, diabetes, hipertensi, dan inflamasi. Salah satu pola makan teratur yang bisa dicoba adlah dengan sarapan satu jam setelah bangun tidur lalu mengonsumsi makanan sehat setiap tiga atau empat jam sekali. Kita perlu aliran glukosa yang stabil sepanjang hari untuk menjaga energi tubuh dan melancarkan metabolisme.

3 of 3

4. Olahraga Berlebihan

Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)
Ilustrasi. (iStock)

Terlalu keras memaksakan diri berolahraga juga bisa jadi penyebab gagalnya diet. Apalagi kalau olahraga yang kita pilih tak benar-benar kita suka atau nikmati, maka besar kemungkinan diet kita akan gagal. Saat terlalu memaksakan diri berolahraga sampai membuat kita frustrasi, tak lama kemudian biasanya kita akan menyerah dan malas untuk kembali berolahraga.

5. Masih Sering Mengonsumsi Minuman Manis

Bukan cuma soal makanan yang perlu diperhatikan konsumsinya selama diet. Melainkan juga minuman yang kita konsumsi. Masih sering minum teh manis, kopi manis dengan banyak krimer, jus yang diberi tambahan gula, soda, dan aneka minuman yang mengandung pemanis bisa menjadi penyebab gagalnya diet.

Usaha menjaga berat badan atau menurunkan berat badan umumnya lebih berkaitan dengan menjadikan pola hidup yang lebih sehat sebagai kebiasaan. Asupan kalori yang kita konsumsi pun sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan energi untuk aktivitas kita sehari-hari. Selain itu penyebab lain yang bisa membuat kita gagal diet adalah adanya penyakit atau masalah kesehatan yang membuat kita sulit menurunkan berat badan.

Lanjutkan Membaca ↓