Cara Mengolah Okra agar Getahnya Berkurang, Simak 5 Tips Ini

Endah Wijayanti28 Apr 2019, 07:39 WIB
tips okra

Fimela.com, Jakarta Mengolah sayuran okra untuk pertama kali mungkin akan cukup membingungkan. Sebab ketika dimasak seperti ditumis misalnya, kadang getahnya masih sangat banyak. Sehingga sangat memengaruhi teksturnya. Bumbu pun jadi kurang sedap dan kurang terserap sempurna bila getahnya masih terlalu banyak.

Agar sayuran okra tidak terlalu bergetah saat diolah, ada beberapa tips yang bisa kita coba. Langsung saja kita simak di sini, ya.

1. Okra Baru Dicuci dan Dipotong Saat Memang Akan Dimasak

Baru beli okra dari pasar tapi masih berencana memasaknya untuk besok? Simpan dulu di suhu ruangan tanpa dicuci. Baru ketika benar-benar akan dimasak, okra dapat dicuci dan dipotong. Okra sebaiknya dipotong dengan ukuran besar atau kalau memungkinkan diolah hanya dengan mencabut batang bagian atasnya saja. Bila dipotong terlalu kecil atau tipis, lendirnya akan makin banyak sehingga pastinya akan merusak cita rasa masakan.

2. Okra Dibekukan Terlebih Dahulu

Kita bisa membekukan dulu okra di dalam freezer. Baru ketika akan diolah, okra bisa kita potong. Cara ini memungkinkan produksi lendir yang lebih sedikit dibandingkan bila okra dipotong dalam keadaan segar.

3. Okra Direndam dalam Larutan Cuka selama 20 Menit

Sayuran Okra
Ilustrasi Foto Sayuran Okra (iStockphoto)

Untuk mengurangi lendirnya, kita bisa coba merendam okra dalam larutan cuka selama sekitar 20 menit. Setelah selesai direndam, okra bisa dicuci sampai bersih kemudian ditiriskan selama sekitar 10 menit. Okra kemudian bisa langsung diolah.

4. Okra Direndam dalam Larutan Air Jeruk Nipis

Selain pakai larutan air cuka, bisa juga coba pakai larutan air jeruk nipis untuk merendam okra selama sekitar 30 menit sebelum diolah. Setelah direndam bisa segera dibilas dengan air mengalir sampai bersih. Ketika sudah ditiriskan, okra pun siap diolah.

5. Gunakan Api Besar untuk Menumis Okra

tumis okra
Ilustrasi tumis okra./Copyright shutterstock.com

Umumnya hanya butuh waktu sekitar 10 menit menumis okra dengan api besar. Penggunaan api besar saat menumis bisa sangat membantu mengurangi lendir dan getah okra. Oh iya, jangan lupa selama menumis okra terus diaduk biar tidak menggumpal.

Semoga tips-tips di atas bisa membantumu, ya. Setelah ini nggak bakal bingung lagi kan cara mengolah okra agar tidak terlalu berlendir.

Lanjutkan Membaca ↓