Kiat Meningkatkan Kualitas Rapat, Kamu Tidak Akan Merasa Bosan Lagi

Annissa Wulan26 Apr 2019, 20:30 WIB
Ilustrasi melamar kerja - cv

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian besar karyawan, rapat adalah kutukan. Seseorang bisa menghadiri lebih dari 3 rapat dalam sehari, apa kamu salah satunya?

Jika iya, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, dilansir dari huffpost.com, Kamis (25/4/2019), berikut ini adalah beberapa kiat meningkatkan kualitas rapat, sehingga kamu tidak akan merasa membuang-buang waktu lagi. Penasaran?

1. Sadar diri bahwa kamu bisa saja menjadi permasalahannya

Sadari bahwa mungkin saja kamu bisa menjadi alasan orang lain tidak menyukai rapat. Para pemimpin cenderung memiliki pengalaman positif dalam rapat, karena mereka yang paling banyak bicara, bagaimana dengan karyawan?

Untuk mengatasi hal ini, cobalah membuat interaksi dengan orang lain yang terlibat dalam rapat, tanyakan pendapat mereka. Kamu harus memperhatikan perilaku peserta rapat lainnya untuk mengetahui apa yang sebenarnya ada dalam pikiran mereka.

2. Tanyakan pada diri sendiri apakah rapat tersebut benar- benar harus diadakan

Tidak ada yang senang menghadiri rapat untuk membicarakan sesuatu yang sebenarnya bisa dilakukan melalui email. Ini membuang-buang waktu semua orang.

Untuk menghindari hal ini, pertimbangkan dengan cermat mengapa kamu harus mengadakan rapat. Rapat yang baik dilakukan ketika kamu mencari informasi atau membutuhkan reaksi.

3. Rapat tidak harus berjalan selama 1 jam

Mengurangi waktu rapat sebenarnya dapat meningkatkan kinerja karyawan. Jika kamu terbiasa mengadakan rapat selama 1 jam lamanya, coba pertimbangkan kembali apakah aturan tersebut masih bisa dilakukan.

 

Perhatikan caramu mengadakan rapat jarak jauh

pekerjaan infp
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@mentatdgt-330508

4. Pastikan peserta rapat jarak jauh tidak merasa anonim

Kemajuan teknologi berarti kamu bisa melakukan rapat jarak jauh. Namun, bukan berarti ini tidak memiliki masalah tersendiri.

Untuk membuat peserta rapat jarak jauh benar-benar hadir, para pemimpin harus meminta setiap orang untuk memperkenalkan diri mereka masing-masing, buat mereka semua berbicara. Pemimpin rapat harus sepenuhnya merangkul semua orang di dalam rapat.

5. Jaga agar rapat tetap berjalan secara efisien

Rapat yang ideal adalah rapat yang dihadiri tidak lebih dari 10 orang. Sebenarnya tidak ada aturannya, ini tergantung pada apa yang ingin kamu capai dalam rapat tersebut.

6. Brainstorming terpisah atau diam

Di rapat berikutnya, cobalah meminta semua peserta untuk menuliskan ide mereka, kemudian membagikannya. Menuliskan ide dapat membantumu berbicara secara lebih bebas, tanpa rasa takut.

7. Tahu kapan harus berhenti

Tidak masalah untuk mengakhiri rapat jika itu benar-benar tidak ada gunanya. Rencanakan rapat yang lebih efektif berikutnya.

Saksikan video menarik setelah ini

Lanjutkan Membaca ↓