Cara Membuat Bubur Nasi yang Kental dan Tak Mudah Berair

Ivana Okta27 Apr 2019, 10:45 WIB
bubur nasi

Fimela.com, Jakarta Salah satu menu yang enak disantap saat sarapan adalah bubur ayam. Bubur nasi dengan topping suwiran daging ayam ini pasti akan menarik sekali sebagai menu sarapan. Teksturnya yang lembut dan bubur yang hangat akan membuat perut terasa nyaman.

Nah, bubur nasi ini memang gampang, praktis dan cepat dimasak di rumah. Meski demikian, sahabat Fimela wajib berhati-hati karena bubur bisa jadi terlalu encer jika tak dimasak dengan benar. Nah, berikut ini adalah tips untuk membuat bubur nasi yang kental dan tak mudah berair.

Cara memasak bubur nasi.

Bubur Nasi
bubur nasi
  • Pilih beras yang pulen dan cuci dengan air yang mengalir. Cuci beras maksimal tiga kali lalu tiriskan.
  • Setelah itu saat memasukkan kaldu lakukan secara bertahap dan jangan dimasukkan sekaligus. Ini untuk mengetahui apakah tekstur bubur tidak terlalu encer.
  • Merebus beras dengan api besar belum tentu membuatnya cepat matang. Ini malah hanya akan menyebabkan bubur menggumpa kasar. Rebus bubur dengan api sedang ke kecil agar kaldu bisa menyusut secara perlahan. Selain itu, tekstur bubur akan lebih halus.
  • Aduk bubur saat proses merebus. Ini akan membuat bubur jadi kental dan halus. Aduk perlahan hingga bubur menyatu dengan air kaldu. Biasanya diperlukan 15-30 menit untuk proses memasak bubur.

Nah, itu tadi adalah tips yang bisa dicoba untuk membuat bubur yang kental dan tak mudah berair. Semoga bermanfaat ya.

Simak Video Ini Juga Yuk.

Lanjutkan Membaca ↓