4 Tips Sahur tanpa Nasi yang Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

Endah Wijayanti27 Apr 2019, 13:50 WIB
tips sahur tanpa nasi

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak ketika sudah makan sahur sampai kenyang dengan nasi, eh paginya perut sudah keroncongan karena lapar? Agar kuat puasa, memang kita harus menekankan niat puasa untuk ibadah. Selain itu kita juga disunnahkan untuk makan sahur, karena selain bisa dapat pahala juga sangat membantu kita untuk tetap bugar berpuasa seharian penuh.

Bila selama ini kita sudah makan nasi untuk makan sahur tapi kenyataannya malah gampang lapar, saatnya untuk menata kembali pola makan kita. Dikutip dari buku DEBM (Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan), justru saat sahur sebaiknya kita menghindari nasi, mi, kentang, dan roti. Mengonsumsi karbo tersebut mungkin bisa bikin kita langsung kenyang, tapi tak jarang malah membut kita gampang lapar. Berikut tips-tips lain yang bisa dicoba untuk makan sahur tanpa nasi yang bisa bikin kenyang lebih lama.

1. Menu Sahur Sebaiknya Tinggi Protein

Sumber protein hewani lebih diutamakan. Misal, kita bisa mengonsumsi telur atau ikan untuk sahur. Untuk sumber karbo, bisa pilih brokoli, wortel, buncis, tauge, atau bayam. Usahakan menu sahur tinggi protein tetapi rendah karbo.

2. Hindari Minuman Bergula

Jus buah yang diberi tambahan pemanis atau gula pun sebaiknya dihindari. Teh manis atau bahkan soft drink malah hanya akan menimbulkan lonjakan gula darah yang kurang baik untuk tubuh. Buah-buahan yang terlalu manis seperti melon dan semangka juga sebaiknya dibatasi untuk sahur.

3. Menu Sahur Boleh Mengandung Lemak

Buah avokad juga baik dikonsumsi saat sahur. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak juga diperbolehkan karena sifat pelepasan glukosa dari lemak sangat slow release sehingga bisa membuat tubuh kita tetap bertenaga hingga waktu berbuka tiba. Mengonsumsi sup tulang iga saat sahur pun disarankan untuk bisa menggantikan cairan tubuh.

4. Menu Sahur Mengandung Serat

Buah apel dan buah pir cukup cocok dikonsumsi saat sahur. Kandungan seratnya baik untuk tubuh serta kandungan gulanya pun tidak terlalu tinggi. Kunyah perlahan setiap gigitan buah agar bisa tercerna dengan lebih optimal. Mengakhirkan makan sahur juga sangat dianjurkan.

Tanpa nasi saat sahur, kita tetap bisa bertenaga dan tidak gampang lapar selama menjalankan ibadah puasa hingga waktu berbuka tiba. Semoga info dan tips di atas bisa jadi referensi yang bermanfaat untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadan dengan lebih lancar, ya.