4 Inspirasi Olahan Tempe Goreng Paling Favorit

Endah Wijayanti27 Apr 2019, 16:15 WIB
[Fimela] Tempe Mendoan

Fimela.com, Jakarta Membuat tempe goreng? Wah, pasti gampang sekali. Semua pun pasti bisa membuatnya sendiri di rumah. Pakai bumbu garam dan bawang putih pun kita sudah bisa membuat tempe goreng yang gurih.

Tapi kalau ingin menikmati tempe goreng yang lebih istimewa, ada sejumlah kreasi nih yang bisa dicoba. Kali ini Fimela akan memberikan empat inspirasi olahan tempe goreng yang tadinya biasa jadi lebih gurih dengan cara yang sangat simpel. Selengkapnya, langsung saja simak di sini ya.

1. Tempe Goreng Telur

Pernah coba bikin tempe goreng telur? Perpaduan protein nabati dan protein hewani ini bisa jadi hidangan yang gurih. Tempe diolah dengan tepung tapioka, tepung beras, telur, garam, bawang putih halus, ketumbar, kaldu ayam bubuk, dan air secukupnya, kita sudah bisa membuat olahan tempe goreng yang renyah.

 

 

2. Tempe Goreng Bawang Ketumbar

tempe goreng
Tempe/copyright: shutterstock

Kalau mau tempe goreng yang lebih gurih dan renyah, coba bikin tempe goreng bawang ketumbar ini. Bumbu yang dipakai, antara lain bawang putih, ketumbar, garam, kunyit, kemiri, kaldu bubuk, dan air secukupnya. Rasa gurihnya lebih nendang karena menggunakan ketumbar.

3. Tempe Goreng Panir

Kalau mau tempe goreng yang lebih krispi, coba deh bikin tempe goreng panir ini. Tempe yang dipotong memanjang dibalut adonan tepung bumbu dan telur, lalu dibaluri dengan tepung panir, kita sudah bisa mendapatkan olahan tempe yang renyah. Selain dinikmati sebagai lauk, tempe goreng panir ini juga bisa dikonsumsi sebagai kudapan.

4. Tempe Mendoan

mendoan
Tempe mendoan, salah satu makanan favorit masyarakat/copyright: shutterstock

Siapa yang tak kenal dengan tempe mendoan? Tempe mendoan bisa jadi olahan tempe goreng yang paling pas dinikmati dengan cabai hijau dan saus kecap. Tempe yang diiris tipis diolah dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, ketumbar, kemiri, kencur, kunyit, dan garam secukupnya. Dengan adonan tepung terigu, tepung beras, daun bawang, dan air secukupnya, kita bisa membuat tempe mendoan dengan balutan tepung yang renyah.

Semua olahan tempe goreng memang sangat memanjakan lidah, ya. Kalau Sahabat Fimela sendiri kira-kira paling suka dengan olahan tempe goreng yang seperti apa, nih?

 

Lanjutkan Membaca ↓