Sukses

Lifestyle

5 Alasan Telur Jadi Lauk Ideal untuk Sahur Maupun Buka Puasa!

Fimela.com, Jakarta Memastikan keluarga bisa mendapatkan makanan sehat dengan gizi tinggi adalah tanggung jawab ibu rumah tangga. Salah satu makanan sehat yang ideal kapan saja, baik untuk sahur maupun buka puasa adalah telur. Ada banyak alasan mengapa telur cocok untuk menu makan sahur maupun buka puasa.

1. Tinggi nutrisi

Sudah umum diketahui bahkan sudah banyak penelitian membuktikan, salah satunya dari National Health & Medical Research Council Australia, bahwa tidak ada risiko terkait makan telur. Telur kaya gizi, mulai dari protein, asam lemak omega-3, vitamin A, E, K, D, B6, B12 hingga mineral seperti seng, zat besi dan selenium.

2. Makanan sempurna untuk anak

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menunjukkan bahwa memberi anak makan satu butir telur per hari selama enam bulan mampu menjaga diet sehatnya sehingga membantu menjaga berat badan dan tinggi badan ideal, bahkan mencegah stunting. Telur bisa jadi menu makanan yang enak jika ingin mengajarkan anak puasa.

Telur Jadi Menu Sahur dan Buka Puasa Ideal

3. Menjaga berat badan orang dewasa

Bukan hanya bisa menjaga berat badan anak yang menjalani puasa, telur juga ideal dalam menjaga berat badan orang dewasa selama menjalani puasa Ramadan. Telur memberi efek memuaskan dan mengenyangkan sehingga mencegah diri tidak ngemil sembarangan selama buka puasa.

4. Mengenyangkan

Ini salah satu alasan yang paling penting mengapa telur harus jadi menu sahur, karena bisa menjaga perut tetap kenyang dalam waktu lama karena mengandung serat tinggi. Puasa pasti akan menguras tenaga, dan setiap orang dewasa dengan kegiatan yang padat pasti tak ingin perutnya cepat lapar selama puasa.

5. Makanan super selama hamil

Untuk ibu hamil muda yang masih ingin menjalankan puasa, telur adalah makanan super yang harus dikonsumsi karena memiliki kandungan kolin, protein, dan vitamin D tinggi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin sehat. Karena saat puasa, bumil tak bisa sewaktu-waktu makan, telur bisa mencukupi kebutuhan gizi selama hamil.

Itu dia sekian manfaat mengapa telur menjadi makanan paling ideal untuk sahur dan buka puasa siapa saja, Sahabat Fimela. Jadi, selalu pastikan punya persediaan telur di rumah ya!

Tonton video berikut ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading