Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Menangisi Mantan Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Rata-rata seseorang akan menangis dan menguras air mata sekitar 16,5 galon sepanjang hidupnya. Menangis sendiri menjadi salah satu ungkapan emosi sedih, marah, dan kecewa. Tampaknya, orang akan lebih suka menyimpan emosinya karena malu daripada ungkapkan.

Namun bagaimana jika ternyata menangis secara emosional menjadi aara terbaru untuk menurunkan berat badan? Dikutip dari Bright Side pada Jumat (3/5/2019) secara logis diungkapkan bahwa membiarkan emosi kamu keluar dengan cara menangis justru dapat menurunkan berat badan.

Jika kamu menahan emosi terlalu banyak, kamu akan mengalami stres yang berujung pada makan lebih banyak. Sehingga berat badan pun menjadi bertambah. Memang benar bahwa kortisol, hormon yang dilepaskan sebagai respon terhadap stres, terkait dengan obesitas.

 

Alasan menangis dapat menurunkan berat badan

Telah diketahui bahwa hormon ini akan membantu untuk melawan apapun terhadap sesuatu yang menegangkan. Secara fisik, seseorang tidak akan berjuang untuk menggerakkan tubuhnya ketika emosi. Mereka justru duduk dengan kemarahan dan frustasi. Akibatnya, tubuh kita berpikir bahwa sejumlah kalori telah digunakan untuk mengatasi stres sehingga perlu mengisi tubuh dengan makanan.

Sementara, para ilmuwan telah menemukan bahwa air mata emosional mengandung hormon yang meningkatkan kadar kortisol. Semua kandungan di dalamnya diproduksi ketika kita berada di bawah banyak tekanan.

Jadi ketika kita memutuskan untuk menangis, hormon-hormon ini akan dilepaskan dan kadar kortisol menjadi berkurang. Akhirnya, tubuh akan mendapat sinyal bahwa tubuh merasa tidak harus mempertahankan lemak karena situasi yang penuh tekanan sudah berakhir.

 

Hanya air mata emosional

Perlu diingat bahwa air mata yang dikarenakan emosi berlebihan yang berpotensi menurunkan berat badan. Sementara, jika kamu menangis ketika memotong bawang tidak memiliki efek apapun terhadap penurunan berat badan. Karena hormon yang dikeluarkan adalah berbeda.

Jika hubungan yang kamu jalani berakhir dan mengalami masa-masa sulit, cobalah untuk benar-benar mengakhiri semuanya. Sesi menangis yang baik menjadi metode paling efektif untuk menenangkan pikiran dan memulai awal yang baru dalam hidup kita.

 

Saksikan Video Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading