Sukses

Lifestyle

Doa Puasa Ramadan, Sahur dan Berbuka yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Ramadan tinggal sebentar lagi. Bagi Sahabat Fimela yang tak sabar bertemu dengan Ramadan, apa saja yang sudah dirimu persiapkan untuk menyambut Ramadan?

Sebelum benar-benar sampai di bulan Ramadan, alangkah baiknya jika kita mengetahui doa Ramadan, doa sahur dan doa berbuka puasa. Dengan berdoa sebelum menjalankan berbagai aktivitas di bulan Ramadan, tentunya ini akan menyempurnakan ibadah kita di bulan Ramadan. Berikut doa-doa yang wajib Sahabat Fimela ketahui seputar doa puasa, doa sahur dam doa berbuka puasa.

BACA JUGA: Doa Sahur, Anjuran Dan Sunah Lengkap

Doa Puasa Ramadan

Doa puasa Ramadan pertama yang wajib diketahui adalah niat puasa Ramadan. Niat puasa ini wajib diniatkan di malam hari sebelum berpuasa mulai dari terbenamnya matahari hingga sebelum fajar muncul atau imsak. Tanpa niat puasa Ramadan, puasa dianggap tidak sah lho Sahabat Fimela. Adapun doa niat puasa Ramadan adalah sebagai berikut.

"Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala."

Artinya: "Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan karena Allah Ta'ala."

Doa Sahur dan Berbuka Puasa

Doa Sahur

Salah satu syarat sunah puasa adalah makan sahur. Walau hanya dengan sebiji kurma atau segelas air putih, makan sahur penting buat dilakukan. Sebelum sahur, usahakan untuk membaca doa sahur. Pastikan juga untuk makan sahur dengan porsi tepat atau tidak berlebihan dan sahurlah dengan makanan serta minuman sehat.

Berikut ini adalah doa sahur.

"Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar."

Artinya: "Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka."

Doa Berbuka Puasa

Doa di bulan Ramadan yang penting diketahui selanjutnya adalah doa berbuka puasa. Pastikan untuk selalu membaca doa ini sebelum berbuka puasa demi dapatkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Membaca doa berbuka puasa juga akan membuat kita merasa sangat bersyukur karena masih bisa berbuka dan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan yang penuh rahmat.

Berikut ini adalah doa berbuka puasa.

"Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin"

Artinya: "Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih."

Itulah beberapa doa penting yang wajib dihafal dan lafalkan selama bulan Ramadan tepatnya saat niat puasa, saat sahur dan saat berbuka. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut Ramadan.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading