Perhatikan Hal Berikut Jika Enggan Berat Badan Bertambah saat Puasa

fitriandiani06 Mei 2019, 03:00 WIB
Timbangan

Fimela.com, Jakarta Saat berpuasa, aktivitas makan dan minum kita memang akan dibatasi. Namun hal tersebut tidak selalu berbanding lurus dengan berat badan. Pada beberapa kasus, puasa ramadan justru membuat berat badan naik drastis.

Walaupun uasa akan mengubah kebiasaan makan kita selama satu bulan. Jika tidak dikontrol dengan baik, perubahan tersebut akan menuju ke arah negatif dan memberi efek buruk ke badan. Misal; makan berlebihan ketika buka puasa.

Tidak makan selama belasan jam akan sia-sia kalau setelah berbuka, kamu makan sembarangan. So, untuk menjaga berat badan tetap stabil selama puasa, tetap kontrol pola makan setelah berbuka dan lakukan hal berikut ini.

1. Sahur

Ilustrasi makan
Ilustrasi makan. (Foto: unsplash.com)

Jangan pernah berpikir untuk melewatkan makan sahur demi 'diet'. Jika melakukannya, yang ada tubuhmu akan merasa amat kelaparan dan bisa membuat nafsu makan tak terbendung ketika berbuka.

2. Minum air putih

Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik juga akan mencegah tubuhmu diteror oleh rasa lapar yang palsu. Minumlah dua gelas air putih saat sahur, dua gelas saat berbuka, dan empat gelas lain di malam hari setelah berbuka puasa.

3. Atur jam makan

[Bintang] Ilustrasi Makan Malam
Ilustrasi makan (Sumber Foto: Stocksy/Guille Faingold)

Tubuh butuh waktu setidaknya tiga jam untuk mencerna makanan yang kamu makan. Jadi, jangan makan menjelang tidur kalau tidak mau lemak bertumpuk!

Pastikan juga kamu makan makanan sehat, ya, Sahabat Fimela! Hindari gorengan dan makanan manis yang terlalu banyak.

Saksikan video berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓