Sukses

Lifestyle

5 Bubur Khas Indonesia yang Hanya Ada di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Buatmu umat muslim yang menyambut kedatangan Ramadan, sudah mempersiapkan apa saja untuk menyambut Ramadan tahun ini?

Bicara mengenai bulan Ramadan, ada banyak hal menarik dari bulan Ramadan. Salah satu hal paling menarik tersebut adalah sajian kulinernya. Di bulan Ramadan yang penuh rahmat, akan ada banyak kuliner mengesankan dan menggugah selera. Beberapa kuliner bahkan hanya bisa ditemukan di bulan Ramadan saja. Kuliner tersebut misalnya saja adalah kuliner bubur.

Ada beberapa bubur khas Indonesia yang hanya ada atau bisa ditemui di bulan Ramadan. Bubur khas tersebut antara lain sebagai berikut.

Bubur Samin hingga Bubur Sop Melayu

Bubur Samin

Bubur pertama ada bubur samin. Kita bisa menemukan bubur samin di Solo, Jawa Tengah. Menyajikan bubur samin adalah tradisi unik yang dilakukan warga di Masjid Darussalam yang berada di Kelurahan Jayengan, Serengan dan sekitarnya.

Bubur Kanji Rumbi

Ini merupakan bubur yang hanya ada di bulan Ramadan di Aceh. Bubur kanji rumbi merupakan bubur yang terbuat dari beras dan racikan bumbu khas Aceh dengan cita rasa khas menggugah selera. Bubur ini sendiri mirip dengan bubur ayam. Beberapa masjid di Aceh seperti Masjid Al-Furqon di Kelurahan Beurawe, Banda Aceh menyajikan bubur ini.

Bubur Sop Melayu

Bubur sop Melayu juga menjadi salah satu bubur yang hanya ada di bulan Ramadan tepatnya di kota Medan. Bubur sop Melayu terbuat dari beras, daging sapi, kentang, wortel, daun sop, garam, santan dan bumbu khas Medan lain hingga mendapatkan cita rasa khas. Bubur sop Melayu menjadi sajian berbuka yang biasa disajikan di masjid-masjid besar di Medan.

Bubur Suruh hingga Bubur Sabilal

Bubur Suruh

Bubur suruh merupakan makanan yang hanya ada di bulan Ramadan tepatnya di kota Tuban, Jawa Timur. Bubur suruh merupakan bubur yang disajikan oleh warga sekitar komplek Makam Sunan Bonang untuk menu berbuka puasa. Menurut cerita, berbagi bubur suruh ini sudah ada sejak Kanjeng Sunan Bonang masih hidup.

Bubur Sabilal

Bubur sabilal merupakan bubur yang hanya ada di bulan Ramadan tepatnya di Banjarmasin. Bubur sabilal biasanya disajikan oleh pengurus Masjid Raya Sabilal Muhtadin di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sedikitnya 1000 porsi bubur akan dibagikan pengurus masjid ke warga setiap harinya selama bulan Ramadan.

Itulah beberapa bubur khas Indonesia yang hanya ada di bulan Ramadan. Selain bubur di atas, bubur lain yang juga hanya ada di bulan Ramadan adalah bubur India di Semarang, Jawa Tengah dan bubur Suro di Palembang, Sumatera Selatan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Simak Juga Video Berikut Ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading