Sukses

Lifestyle

5 Kunci Hidup Bahagia Tanpa Drama di Pondok Mertua Indah

Fimela.com, Jakarta Menikah merupakan momen yang membahagiakan, bukan hanya untuk pasangan pria dan wanita, tapi juga kedua keluarga. Sayangnya, kebahagiaan ini sering terganggu oleh hubungan istri dan mertua yang kurang harmonis, apalagi jika harus tinggal bersama di satu atap.

Jangan dibawa baper apalagi sampai menyulut emosi, kuncinya untuk hidup bahagia tanpa drama bersama mertua cukup sederhana, kok.

Menanamkan Pemikiran Positif

Buang pikiran negatif dan coba untuk selalu bersikap positif. Jangan hanya memikirkan hal-hal buruk saat tinggal bersama mertua, lihat juga hal-hal baik saat hidup bersama mertua.

Selain dapat menghemat biaya sewa rumah, kamu yang bekerja pun jadi lebih tenang meninggalkan anak-anak dalam pengawasan kakek atau neneknya. Pasangan pun juga merasa lebih tenang dan bahagia karena dapat membantu mengurus atau merawat orangtuanya yang memasuki usia senja.

Tingkatkan Kualitas Diri

Tinggal di rumah mertua bukan berarti hanya menumpangkan tangan saja. Bantu semampunya, bukan hanya dalam pengeluaran bulanan tapi juga saat mengurus rumah sehari-hari.

Jangan sampai saling sindir membuat hubungan istri dan mertua jadi semakin panas. Tingkatkan kualitas diri dengan mulai belajar memasak dan mengenali kebiasaan orangtua pasangan, sehingga dapat hidup lebih harmonis dalam satu rumah, tanpa gesekan atau benturan.

Junjung Tinggi Rasa Hormat

Sebagai orangtua pasangan, tentunya kita wajib untuk menghormati mereka layaknya orangtua sendiri. Jika mereka memiliki kebiasaan yang kurang berkenan, jangan menegurnya secara langsung apalagi di hadapan suami. Gunakan cara yang lebih halus misalnya saat mengobrol berdua dan gunakan kata-kata yang sopan. Selain itu, selipkan pujian-pujian kecil pada hal-hal sederhana yang dilakukan mertua.

Pupuk Kesabaran

Kesabaran adalah modal yang wajib dimiliki, terutama saat sejak awal pernikahan telah memutuskan untuk tinggal bersama mertua. Usahakan untuk selalu bersikap sewajarnya dengan menghindari memasang wajah cemberut atau bersikap negatif.

Walau hati panas, sebaiknya coba untuk tetap tenang dan kalem. Apabila memang memiliki masalah dengan mertua, ambil waktu untuk merenungkannya lalu bicarakan pada pihak yang bersangkutan tanpa menggunakan nada tinggi atau kata yang merendahkan.

Jaga Komunikasi

Wajar saja jika memiliki keinginan maupun kebiasaan yang berbeda jauh dengan mertua, bahkan hingga hal-hal kecil seperti menu makanan. Tapi jangan dianggap remeh, karena permasalahan sepele bisa memicu pertengkaran dan bikin suasana rumah jadi kurang nyaman. Oleh karena itu, jalin komunikasi yang baik dengan mertua, misalnya dengan selalu menggunakan kata yang halus dan menjaga sopan santun.

Biar ibu mertua makin jatuh cinta, jangan lupa untuk sesekali memberinya hadiah. Jelang Lebaran nanti, persembahkan hadiah tak terlupakan buat mertua dengan ikutan #THRuntukMertua dari Nippon Paint. Hadiah utamanya dijamin bakal bikin mertua tersenyum bahagia saat melihat rumah yang di make over dengan warna hijau bolu pandan dan raih uang puluhan juta Rupiah. Penasaran gimana caranya ikutan?

  1. Wajib follow Instagram @nipponpaintindo,
  2. Upload foto rumah mertua dan foto kamu bareng mertua,
  3. Ceritakan pengalaman unik bersama mertua pada caption,
  4. Sertakan hashtag #THRuntukMertua #THRMertuaDi[Nama Lokasi] #NipponPaintxKLY #NipponPaint,
  5. Mention 3 teman kamu.

Periode kompetisi ini hanya sampai 17 Mei 2019. Pastikan kamu nggak melewatkannya ya. Info lengkap kunjungi Instagram @nipponpaintindo. Selain itu, kamu juga bisa nonton cerita seru perjuangan Mas Kulin menaklukkan hati mertuanya yang terinspirasi dari bolu pandan. Seperti apa kisahnya? Yuk, langsung tonton videonya di sini.

(adv/eth)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading