Tips Menyimpan Daging Sapi agar Awet dan Tahan Lama

Ayu Puji Lestari04 Mei 2019, 14:45 WIB
Daging

Fimela.com, Jakarta Agar proses memasak tidak ribet dan dapat tahan lama, maka menyimpan daging dengan tepat sangat disarankan. Well, agar daging tahan lama ada baiknya Sahabat Fimela memerhatikan tips berikut ini. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Segera Simpan dalam Freezer

Jika membeli daging dan tidak segera memasak, maka usahakan untuk menyimpannya dalam freezer. Segera bekukan daging dengan suhu minus 1 hingga 5 derajat celsius.

Jangan Dicuci

Mungkin kita berpikir kalau daging harus dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan. Tapi sebaiknya tidak dicuci. Kenapa? Karena kalau dicuci, kuman-kuman bisa masuk ke dalam pori-pori daging. Kualitasnya pun jadi rusak. Lebih baik dicuci kalau pas sudah siap mengolahnya saja.

Tips Menyimpan Daging Lainnya

Daging
Ilustrasi daging/copyright shutterstock

Simpan Daging dengan Memotongnya Menjadi Beberapa Bagian

Agar daging mudah diolah, pastikan untuk memotong daging menjadi beberapa bagian. Simpan dalam plastik transparan. Nanti ketika butuh daging untuk dimasak, kita tinggal mengambil potongan sesuai dengan kebutuhan kita dan sisa daging bisa tetap beku dan terjaga kualitasnya. Praktis, kan?

Hindari Langsung Memasak Daging Beku

Untuk mencairkan daging beku, jangan merebusnya tapi siram di air yang mengalir. Siram daging beku yang masih dalam plastik di bawah air yang menagilir. Ketika daging sudah lunak, daging siap untuk dimasak.

Simpan Dalam Chiller Sebelum Dimasak

Sebelum memasak daging usahakan untuk melunakkannya. Bukan dengan memasaknya dengan air panas, tapi menyimpannya dalam chiller sehari sebelum dimasak. Hal ini membantu proses thawing.

Nah, Sahabat Fimela demikian tips menyimpan daging agar awet dan tidak mudah busuk. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Simak Video Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓