Sukses

Lifestyle

Puasa Bisa Bantu Redakan Stres, Simak 4 Penjelasan Menariknya Ini

Fimela.com, Jakarta Puasa bila dilakukan dengan baik dan benar bisa memberi banyak manfaat untuk tubuh dan pikiran. Salah satu manfaatnya adalah bisa bantu meredakan stres. Wah, cukup menarik juga ya.

Ada penjelasan ilmiah soal kaitan puasa yang dapat membantu meredakan stres. Mumpung saat ini bulan Ramadan, jadi ini adalah kesempatan yang bagus untuk memahami lebih dalam soal manfaat puasa biar makin semangat lagi menahan haus dan laparnya. Selengkapnya, mari kita simak di sini.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Dilansir dari freedomyou.com, stres memicu respons bertarung atau berlari (fight or flight response), menstimuasi kelenjar adrenal dan meningkatkan tekanan darah. Berpuasa justru bisa membalikan efeknya. Dengan berpuasa, kelenjar adrenal bisa lebih stabil dan bantu mengurangi kadar sodium yang kemudian dapat membantu menurunkan tekanan darah. Stres yang kita rasakan pun bisa perlahan reda.

2. Membantu Pikiran Lebih Tenang

Mungkin kita merasa tubuh lebih lemas saat puasa. Kondisi tersebut justru bisa jadi pertanda baik, lho. Dengan kondisi fisik yang lebih "kalem", pikiran pun bisa ikut lebih tenang serta kalem. Hal-hal yang tadinya gampang membuat kita cemas, dengan sendirinya menghilang atau berkurang dengan sendirinya.

3. Membantu Mencerahkan Perspektif

Tidak lagi disibukkan dengan makanan dan minuman. Berupaya sekuat tenaga untuk tidak lagi melampiaskan kekesalan pada makanan. Kita bisa menemukan semacam perspektif baru bahwa ternyata dengan meningkatkan sedikit upaya menahan diri, kita bisa mendapat semacam pencerahan bahwa ada hal-hal yang ada dalam kendali dan ada yang memang di luar kendali kita. Kemampuan kita mengontrol diri dan hawa nafsu bisa lebih terasah jadi lebih baik lagi.

4. Kemampuan Otak Meningkat

Dikutip dari doktersehat.com, berpuasa bisa membuat kemampuan otak meningkat. Efeknya bisa menurunkan produksi hormon kortisol pada kelenjar adrenal yang membuat kita tak lagi mudah terkena stres. Berpuasa memang bisa memberi efek positif pada kesehatan mental kita.

Selama bulan Ramadan, maksimalkan puasanya ya. Niatkan untuk ibadah dan dapatkan manfaat positifnya untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading