5 Alasan Puasa Justru Bisa Bantu Meningkatkan Produktivitas

Endah Wijayanti08 Mei 2019, 19:15 WIB
puasa dan produktivitas

Fimela.com, Jakarta Saat puasa, tubuh jadi lemas hingga membuat produktivitas menurun? Hm, mungkin hal itu terjadi pada hari-hari pertama kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan karena masih harus menyesuaikan diri dengan pola makan yang baru. Sebenarnya dengan berpuasa produktivitas kita bisa meningkat, lho.

Ada banyak alasan logis bahkan sangat ilmiah di balik kaitan puasa yang bisa meningkatkan produktivitas. Selengkapnya, yuk simak keterangan dan penjelasannya di sini.

1. Tidak Disibukkan Memikirkan Soal Makanan

Bila pada hari-hari biasa kita sering sibuk dan menghabiskan banyak waktu memikirkan soal makan, kini dengan puasa kita "terbebas" dari hal tersebut. Waktu yang biasanya kita habiskan untuk memikirkan mau makan siang apa dan pergi ke mana, bisa kita gunakan untuk istirahat atau digunakan untuk tetap bekerja. Kita bisa menghemat waktu dan waktu yang ada bisa dialokasikan untuk hal-hal yang lebih produktif.

 

 

 

 

2. Tubuh Lebih Berenergi

puasa redakan stres
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Dikutip dari thriveglobal.com, saat sedang puasa, sistem pencernaan kita akan beristirahat atau tidak bekerja. Bila pada hari biasa, energi kita sebagian terkuras untuk menopang sistem pencernaan, maka pada saat puasa energi yang biasa kita pakai untuk sistem pencernaan bisa dialihkan ke area lain. Sehingga tubuh akan terasa lebih berenergi dan bisa lebih bersemangat kerja dengan lebih produktif lagi.

3. Racun-Racun dalam Tubuh Dikeluarkan

Berpuasa adalah bentuk "stres" pada tubuh tapi dalam hal positif. Karena kita tak memasukkan makanan dan minuman ke dalam tubuh, maka kinerja tubuh akan lebih efisien. Dalam proses efisiensi ini, tubuh bisa lebih optimal dalam mengeluarkan sel-sel yang sudah penuh racun. Dengan keluarnya racun-racun dalam tubuh, maka kita bisa merasa lebih berenergi dan bisa lebih mudah meningkatkan produktivitas tubuh.

4. Fungsi Otak Meningkat

puasa detoks
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Saat sedang berpuasa, otak kita memproduksi protein yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Protein ini bisa bantu meningkatkan fungsi otak. Saat otak bisa beroperasi dengan lebih baik, produktivitas bisa meningkat dengan sendirinya.

5. Pembakaran Lemak Jadi Sumber Energi Terbaik

Tubuh kita akan membakar lemak untuk jadi energi saat sedang berpuasa. Proses pembakaran lemak ini bisa menghasilkan energi yang berbeda. Energi yang bisa digunakan secara efisien oleh otak dan tidak menyebabkan timbulnya rasa capek yang begitu tiba-tiba. Dengan begini, kita bisa lebih produktif lagi dalam beraktivitas.

Yuk, tetap semangat puasa! Bila dilakukan dengan baik dan benar, berpuasa justru bisa bantu meningkatkan produktivitas kita.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓