Menu Takjil yang Aman Dikonsumsi Saat Sedang Diet

fitriandiani13 Mei 2019, 14:30 WIB
bubur kacang ijo

Fimela.com, Jakarta Diet paling enak dilakukan sembari menjalankan ibadah puasa Ramadan. Sehatnya dapat, pahalanya dapat. Hanya saja, mungkin kamu harus sedikit merelakan takjil lezat untuk disantap saat buka puasa karena pertimbangan kalori.

Untuk Sahabat Fimela yang sedang puasa Ramadan sambil diet, baiknya pilih menu takjil yang mengenyangkan. Jadi bisa menahan hasrat untuk makan camilan lain di malam hari.

Nah, menu takjil apa yang cocok dimakan saat puasa sambil diet? Cek di bawah ini beberapa di antaranya! 

Bubur Kacang Hijau

Kacang-kacangan dapat menghasilkan kolesistokinin, hormon pemicu rasa kenyang, hingga dua kali lipat daripada makanan lainnya. Di samping itu, kacang hijau adalah salah satu jenis kacang-kacangan sumber protein, serat, dan antioksidan. Kamu bisa konsumsi bubur kacang hijau sebagai menu takjil tanpa takut gagal diet!

 

Kurma

Kurma
Ilustrasi kurma. (Nataly Studio/Shutterstock)

Sebuah penelitan yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition pada 2007 mengatakan mengonsumsi lebih banyak serat dapat membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan ukuran pinggang, sebagaimana dilansir dari Healthline.

Setiap 100 gram kurma mengandung 7 gram serat dan 277 kalori. Cobalah selipkan beberapa potong kurma dalam menu buka puasa untuk membantu perut lebih cepat merasa kenyang.

Sop Buah

Cara Membuat Sop Buah
(sumber: pixabay)

Nah, kalau pengin yang lebih segar; sop buah bisa jadi pilihan. Agar kandungan nutrisinya lebih terkontrol, bikin sop buah sendiri saja di rumah. Pilih buah yang tinggi serat tapi rendah gula seperti alpukat, apel, dan pepaya.

Untuk gula dan susu kental manis yang biasa dipakai, coba lebih dibatasi atau cari opsi pengganti seperti pakai yogurt atau susu rendah lemak.

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓