Sukses

Lifestyle

5 Syarat Wajib Puasa yang Penting Diketahui

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Selamat datang bulan Ramadan, bulan seribu bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Bagi yang menjalankan ibadah puasa, sejauh ini masih semangat untuk berpuasa? Masih semangat juga untuk menjalankan ibadah mulia lainnya seperti memperbanyak salat sunah, berdzikir hingga sedekah?

Bicara mengenai puasa Ramadan, agar puasa sah dan tidak sia-sia, ada syarat wajib puasa yang penting ditepati. Syarat wajib puasa Ramadan sendiri cukup berbeda jika dibandingkan dengan syarat wajib puasa sunah. Apa saja syarat wajib puasa Ramadan? Simak yang berikut.

Islam

Syarat wajib yang pertama adalah beragama Islam. Orang yang wajib berpuasa adalah orang Islam atau muslim dan muslimah. Puasa Ramadan merupakan rukun Islam yang ke empat.

Baligh

Syarat wajib ke dua puasa adalah baligh. Muslim atau muslimah dikatakan baligh ketika telah menunjukkan beberapa tanda. Tanda utamanya bagi pria adalah keluarnya air mani dari kemaluannya baik secara disengaja atau pun tidak (mimpi basah). Perempuan dikatakan telah baligh ketika ia sudah mendapat menstruasi atau haid. Jika tanda ini belum juga muncul ke seseorang, batas baligh seseorang adalah usia 15 tahun.

Syarat Wajib Puasa Ramadan

Berakal Sehat

Syarat wajib selanjutnya adalah berakal sehat. Berakal sehat adalah tidak mengalami gangguan jiwa. Orang yang mabuk juga tidak diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Namun jika seseorang sudah sembuh dari gangguan jiwa serta mabuk, ia wajib menjalankan puasa.

Sehat

Orang yang wajib berpuasa selanjutnya adalah orang yang sehat. Orang yang sedang sakit, hamil, menyusui atau menstruasi (khusus perempuan) tidak wajib berpuasa. Meski begitu, jika orang ini sudah sehat kembali, ia tetap wajib berpuasa dan mengganti puasa yang telah ditinggalkan selama sakit, hamil, menyusui maupun menstruasi.

Bulan Ramadan

Syarat wajib puasa Ramadan adalah di bulan Ramadan. Jika Sahabat Fimela sudah melihat hilal yang menunjukkan menuju tanggal 1 Ramadan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa Ramadan.

Itulah beberapa syarat wajib dari berpuasa Ramadan. Semoga informasi ini bermanfaat. Marhaban ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading