Hindari, 5 Hal Ini Bisa Mengurangi Pahala Puasa Ramadan

Mimi Rohmitriasih09 Mei 2019, 15:45 WIB
Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Tak terasa hari ini umat muslim di seluruh dunia telah sampai di hari ke empat bulan Ramadan. Buatmu yang menjalankannya, masih semangat untuk meningkatkan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan seribu bulan yang penuh dengan keberkahan juga kemuliaan ini?

Ngomongin soal puasa Ramadan, puasa merupakan rukun islam ke empat dan wajib hukumnya buat umat muslim yang telah memenuhi syarat wajib puasa. Selama puasa sendiri, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari apa syarat wajib puasa, jadwal puasa, rukun puasa, sunah puasa, hal-hal yang membatalkan puasa hingga hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa.

Melansir dari laman liputan6.com, ada sedikitnya ada 6 hal yang bisa mengurangi pahala puasa. Sebaiknya, hindari hal-hal ini dan jalani puasa dengan penuh ketulusan serta keikhlasan ya. Inilah beberapa hal yang bisa mengurangi pahala puasa.

Marah Hingga Tidur Sepanjang Hari

Doa Ramadan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Marah dan Dendam

Marah-marah, kesal dan menyimpan dendam ke orang lain bisa mengurangi pahala selama berpuasa. Saat puasa, penting bagi kita untuk senantiasa bersabar, tenang dan bahagia. Karena pada dasarnya, puasa adalah menahan diri segala nafsu termasuk nafsu marah bahkan merasa dendam ke orang lain.

Berbicara Kotor

Pahala puasa dipercaya juga akan berkurang ketika kita berbicara kotor atau berbicara yang tidak ada manfaatnya. Dibandingkan berbicara kotor atau tidak manfaat, sebaiknya kita isi waktu luang kita dengan mengaji, berdzikir maupun melantunkan shalawat.

Tidur Sepanjang Hari

Tidur memang bisa mendatangkan pahala selama bulan Ramadan. Namun, jika tidur yang dilakukan berlebihan misalnya sepanjang hari, ini justru tidak baik dan akan mengurangi pahala puasa. Tidur yang baik adalah sebentar saja untuk menghindari bergosip, berkata kotor atau marah karena lelah serta haus selama puasa.

Bergosip dan Bergunjing

Buka Bersama
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Berbohong

Selain berbicara kotor, berbohong dan melakukan fitnah juga bisa mengurangi pahala puasa. Tak hanya mengurangi pahala, kedua aktivitas ini bisa mendatangkan dosa pada mereka yang melakukannya.

Bergosip atau Bergunjing

Bagi banyak perempuan, bergosip dan bergunjing menjadi aktivitas yang biasa bahkan menyenangkan untuk dilakukan. Jika ingin puasamu berkah dan pahalanya penuh, hindari bergosip serta bergunjing ini. Apalagi jika aktivitas ini besar kemungkinannya akan menimbulkan fitnah.

Itulah beberapa hal yang perlu dihindari karena bisa mengurangi pahala berpuasa. Selain hal di atas, hal lain yang juga mengurangi pahala berpuasa adalah melihat lawan jenis dengan hawa nafsu, bermalas-malasan sehingga keluarga kelaparan hingga waktunya berbuka, menyakiti perasaan orang lain dan masih banyak lagi.

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang terus membenahi diri untuk berbuat dan jadi pribadi yang lebih baik lagi. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓