Sukses

Lifestyle

4 Manfaat Mengonsumsi Makanan berbahan Santan saat Buka Puasa!

Fimela.com, Jakarta Meski mungkin sebenarnya kita disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan berbahan santan, namun jika dikonsumsi dalam jumlah tidak berlebihan justru akan memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Santan dibuat dari perasan kelapa tua, bisa diminum begitu saja atau dimasak terlebih dahulu. Tampak tidak sehat karena hubungannya dengan kolesterol dan berbagai penyakit, ternyata ini lho manfaat mengonsumsi santan saat buka puasa.

1. Menjaga kesehatan jantung

Meski digadang jadi penyebab tingginya kolesterol, ternyata banyak penelitian, salah staunya yang dimuat dalam NCBI menunjukkan bahwa santan tidak secara spesifik mampu menaikkan kolesterol jahat, justru sangat baik menjaga kesehatanjantung karena kadar lemak nabatinya yang alami.

2. Meningkatkan imun tubuh

Karena kandungan asam laurat dalam santan yang tinggi, banyak peneliti menyatakan bahwa santan mampu meningkatkan imunitas tubuh terhadap penyakit. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa santan bersifat antimikroba dan anti inflamasi serta mampu menghambat pertumbuhan beberapa bakteri patogen.

Manfaat Minum Santan saat Buka Puasa

3. Kalori tinggi untuk energi

Ketika buka puasa, yang dibutuhkan tubuh adalah kalori yang bisa diubah dengan cepat menjadi energi untuk mengembalikan kesegaran dan semangat tubuh setelah tidak makan seharian, dan santan bisa memenuhi kebutuhan ini.

4. Nutrisi lengkap

Santan mengandung banyak nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, kalium baik maupun vitamin, terutama vitamin C. Santan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, terutama saat buka puasa di mana tubuh tidak mendapat nutrisi selama beberapa jam.

Tapi tentu saja, makanan apa pun akan memberikan manfaat terbaik jika dikonsumsi dalam porsi yang cukup, termasuk santan, jika berlebihan akan berisiko menimbulkan penyakit. Nah, itu dia sekian manfaat makan atau minum santan saat buka puasa.

Simak juga video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading