5 Tips Membuat Kastengel Renyah dan Tidak Keras

Endah Wijayanti10 Mei 2019, 12:15 WIB
tips kue kastengel

Fimela.com, Jakarta Kastengel merupakan kue kering yang identik dengan momen hari raya, termasuk hari raya lebaran. Membuat sendiri kue kastengel di rumah untuk disajikan kepada para tamu di hari lebaran pastinya akan terasa lebih istimewa. Cuma kadang masalahnya ketika membuat kastengel sendiri, teksturnya malah keras dan tidak renyah sama sekali.

Untuk bisa membuat kue kastengel yang renyah tapi tidak keras, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Ada beberapa tips yang perlu dipahami untuk menghasilkan kastengel yang ngeju dan renyah. Selengkapnya, yuk simak keterangannya di sini.

1. Gunakan Tepung Protein Rendah yang Diayak

Kita bisa menggunakan tepung serba guna atau tepung protein sedang untuk membuat kastengel. Namun, bila ingin hasilnya lebih renyah sebaiknya memakai tepung protein rendah. Ayak terlebih dahulu tepungnya sebelum digunakan untuk membuat adonan kastengel.

2. Hindari Mengaduk Adonan Terlalu Lama

Penting diperhatikan, jangan mengaduk adonan terlalu lama. Aduk adonan basah dan adonan kering sampai tercampur rata hingga teksturnya padat dan siap dicetak. Tidak harus sampai terlalu kalis. Kalau adonan diaduk atau diuleni terlalu lama, nanti malah hanya akan membuat kue kastengelnya jadi keras saat dipanggang. Selain itu, sebaiknya gunakan spatula anti lengket saat mengaduk adonan agar mentega tidak gampang meleleh ketika diaduk (sebab bila diaduk dengan tangan, suhu tangan kita bisa membuat mentega jadi cepat cair).

 

3. Pakai Mentega dan Margarin dengan Rasio 1:2

Mentega Margarine
Ilustrasi.(iStockphoto)

Misalnya, kita bisa menggunakan 100 gram mentega dan 200 gram margarin untuk 400gram tepung terigu dalam pembuatan adonan. Sebenarnya untuk membuat kue kering lebih renyah, kita bisa pakai margarin saja. Tapi bila ingin tetap mendapatkan aroma kue yang harum dan lembut, kita perlu memakai mentega juga. Gunakan kombinasi mentega dan margarin dengan rasio 1:2 dalam pembuatan kue kastengel agar rasanya renyah dan aromanya harum.

4. Gunakan Telur yang Cukup

telur
ilustrasi telur/Image by Wokandapix from Pixabay

Telur juga bisa berfungsi sebagai pengempuk kue. Bila tak ingin kue kastengel terlalu keras, pastikan kita menggunakan telur yang cukup. Telur perlu dimasukkan satu per satu dalam proses pencampuran dengan mixer. Pastikan telur terkocok baik bersama adonan mentega sebelum kita memasukkan kuning telur berikutnya.

5. Proses Pengolesan dan Tabur Keju Dilakukan saat Kastengel Setengah Matang

Untuk mendapatkan hasil kastengel yang cantik dan taburan keju yang tidak terlalu keras, proses pengolesan kuning telur dan tabur keju dilakukan saat kastengel setengah matang. Kastengel yang sudah dicetak dipanggang dulu setengah matang, kemudian keluarkan lalu beri olesan dan taburan keju secara cepat. Lalu panggang kembali hingga matang sempurna.

Semoga tips-tips di atas bisa membantumu mendapatkan hasil kue kastengel yang renyah dan sesuai harapan, ya. Tetap semangat menyambut lebaran dengan kue kastengel buatan sendiri yang istimewa di rumah.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓