Alasan Seharusnya Tidak Minum Kopi saat Berbuka Puasa

Febi Anindya Kirana10 Mei 2019, 14:44 WIB
kopi

Fimela.com, Jakarta Pecinta kopi pasti ingin segera minum kopi saat berbuka puasa. Namun sesuka apa pun dirimu terhadap kopi, baik itu dalam keadaan hangat maupun dingin, sepertinya keputusan minum kopi pada saat berbuka puasa dengan kondisi perut kosong bukan keputusan yang baik.

Banyak penelitian memang mengungkapkan bahwa kopi memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengrangi rasa nyeri otot, meningkatkan memori, meningkatkan semangat bahkan mencegah Alzheimer. Namun buka puasa langsung dengan minum kopi justru membahayakan kesehatan.

Minum kopi langsung saat buka puasa, bahkan jika itu adalah kopi decaf, mampu meningkatkan produksi asam lambung atau memperparah keasaman lambung, seperti dilansir dari Pop Sugar. Jika pencernaan termasuk sensitif, hal ini bisa merusak dinding lmabung dan membuat pencernaan terganggu, mulai dari muncul gejala kembung hingga nyeri ulu hati.

Kopi Tak Baik Diminum saat Buka Puasa

Kopi
Minum kopi bisa membuat perut mulas, apa penyebabnya? (Kikovic/shutterstock)

Minum kopi dalam keadaan perut kosong juga bisa meningkatkan gejala kecemasan, seperti meningkatkan detak jantung, gugup, mudah tersinggung hingga kurangnya konsentrasi. Minum kopi saat perut kosong juga mengacaukan ritme sirkardian tubuh. Jam biologis alami ini akan mengalami kekacauan.

Tubuh akan melepaskan hormon kortisol lebih banyak karena stres. Hormon kortisol (hormon stres) akan meningkat di pagi hari, dan minum kopi akan menurunkan kadarnya. Namun berbeda jika diminum sore hari, akan mengganggu jam tidur malam dan justru meningkatkan stres.

Jadi, setelah seharian tidak minum kopi dan tiba waktunya berbuka, akan lebih baik jika minum dan makan makanan lainnya lebih dulu untuk mengisi perut, dan jika sangat ingin minum kopi, minum secukupnya saja.

Simak juga video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓