Sukses

Lifestyle

Hindari Sahabat Fimela, Hal Ini Bisa Mengurangi Pahala Sedekah

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan merupakan bulan seribu bulan yang penuh dengan keberkahan. Bulan Ramadan juga merupakan bulan di mana dilipatgandakan pahala dari setiap kebaikan yang kita lakukan. Setiap kebaikan baik itu menjalankan kewajiban berpuasa, mendirikan salat wajib maupun salat sunah, berdzikir, mengaji Alquran dan bersedekah bisa mendatangkan pahala akan mendatangkan pahala yang sungguh besar di bulan Ramadan ini.

Namun Sahabat Fimela, melansir dari laman liputan6.com, kebaikan-kebaikan yang kita lakukan selama Ramadan maupun di hari lain bisa saja mengalami pengurangan pahala ketika kita melakukannya bukan karena Allah. Sedekah yang kita keluarkan meski jumlahnya sangat besar pahalanya bisa berkurang. Penasaran apa yang membuat pahala tersebut berkurang?

Penyebab Pahala Sedekah Berkurang

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 262, "Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahinya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka."

Dalam surat Al-Baqarah ayat 264, Allah berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti perasaan si penerima, seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian."

Sedangkan dalam surat Al-Baqarah ayat 263 Allah berfirman, "Perkataan yang baik dan pemberian ma'af lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan penerima), Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun."

Dari isi ayat-ayat di atas kita tahu bahwa bersedekah yang disertai dengan riya atau pamer, sedekah yang justru menyakiti perasaan penerima atau orang lain, ini bisa mengurangi pahala. Sedekah yang dilakukan dengan perasaan tidak ikhlas juga akan mengurangi pahala di dalamnya.

Semoga kita senantiasa ikhlas dalam melakukan kebaikan terlebih ketika melakukan sedekah. Marhaban ya Ramadan. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading