Jangan Langsung Minum Teh saat Buka Puasa, Ini Alasannya!

Febi Anindya Kirana11 Mei 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 11 Mei 2019, 13:00 WIB
teh

Fimela.com, Jakarta Teh mungkin menjadi salah satu minuman pengahangat yang paling tepat diminum saat buka puasa. Teh hangat akan memberikan sensasi rileks ketika memasuki tenggorokan yang kering setelah puasa seharian. Namun tahukah bahwa ternyata sebaiknya kita tidak langsung minum teh saat buka puasa dalam keadaan perut kosong?

Minum teh langsung saat buka puasa dalam keadaan perut kosong menurut penelitian, dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh karena ketidakseimbangan zat asam-basa dalam perut, dan hal ini bisa menimbulkan rasa tak nyaman dan perut bermasalah setelahnya.

Bukan hanya itu, teh memiliki sifat diuretik alami, yaitu mempercepat naiknya pembentukan urin sehingga dirimu akan lebih sering merasa ingin buang air kecil. Hal ini menyebabkan tubuh justru mengalami dehidrasi karena cairan tubuh banyak dikeluarkan.

Sedangkan selama buka puasa, kita perlu mengembalikan kondisi tubuh yang dehidrasi sehingga bisa mengembalikan keoptimalan kinerja tubuh.

Bahaya Minum Teh saat Perut Kosong

teh
Photo by Tina Dawson on Unsplash

Efek ringan yang bisa dirasakan adalah pusing, pening, rasa sakit di kepala dan bahkan mual dan diare. Jadi, akan lebih baik jika minum air hangat terlebih dahulu tepat saat buka puasa dalam keadaan perut kosong, karena teh bisa jadi memberikan efek negatif pada pencernaan.

Tentu saja, reaksi teh pada tubuh setiap orang bisa saja berbeda, jika minum teh tak menimbulkan masalah atau justru memberikan kenyamanan bagi Sahabat Fimela, maka tak masalah tetap minum teh ketika buka puasa, asal tidak berlebihan.

Tonton juga video yang satu ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓