Mudik Jalur Darat ke Sumatera, Ini Daftar Tol yang Bisa Kamu Lalui

Karla Farhana14 Mei 2019, 13:00 WIB
[Fimela] ilustrasi jalan tol

Fimela.com, Jakarta Mudik menjadi budaya yang dilakukan umat Muslim di Indonesia menjelang Hari Lebaran. Pulang ke kampung halaman di Sumatera akan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu agar bisa berkumpul kembali bersama keluarga besar di Hari Raya Idul Fitri. 

Ada banyak cara untuk bisa sampai ke kampung halaman. Naik pesawat, atau membawa kendaraan sendiri dari Jakarta. Tentu saja, kamu, keluarga, beserta mobilmu harus naik kapal ferry untuk menyeberangi selat. Melanjutkan perjalanan, kamu bisa kembali menggunakan kendaraan pribadimu. 

Dilansir dari Liputan6.com (11/5/2019), volume kendaraan jalur darat selama mudik Lebaran tahun ini diprediksikan naik hingga 10 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Kenaikan ini, ternyata dipicu oleh harga tiket pesawat yang terlalu tinggi. Karena itu, agar kamu dan keluarga yang baru pertama kali mudik ke Sumatera menggunakan jalur darat tidak bingung, berikut ini beberapa Tol Sumatera yang bisa kamu manfaatkan. 

Tol Trans Sumatera

Proyek Tol Trans Sumatera. (Dok Kementerian PUPR)
Proyek Tol Trans Sumatera. (Dok Kementerian PUPR)

Tol ini yang akan dilalui para pemudik jalur darat di Sumatera. Tol ini terdiri dari tol perasional sepanjang 278 km yakni. Ada Tol Bakaheuni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya, serta  tol Medan-Binjai Seksi 2 dan Seksi 3. 

Selain itu, juga ada tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa. Selain itu, Kementrian PUPR juga akan membuka tol fungsional yang terdiri dari tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang, tol Kayuagung-Palembang-Betung, dan tol Medan-Binjai Seksi 1. 

 

Sahabat Fimela yang mudik ke Sumatera menggunakan jalur darat, dapat beristirahat di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar KM 20+700. Pastikan, kamu dan keluarga mendapatkan waktu istirahat yang cukup selama mudik nanti, ya!

Simak Video Berikut

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓