Bukan Semata Lapar, Ini Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

fitriandiani15 Mei 2019, 10:30 WIB
Mengantuk

Fimela.com, Jakarta Sebelum memulai puasa di pagi hari, kita lebih dulu mempersiapkan diri dan tubuh dengan makan sahur. Makan sahur adalah kesempatan penting untuk mengisi tubuh kita dengan nutrisi agar lebih berenergi saat beraktivitas di siang harinya.

Kendati demikian, tak jarang kita tetap lemas di siang hari walau sudah makan sahur. Apa sebabnya?

Makan sahur memang penting, tapi ada faktor lain yang turun mempengaruhi seberapa efektifnya makan sahur tersebut untuk tubuh seharian, akan jadi energi atau malah buat lemas?

Di bawah ini adalah beberapa kesalahan yang kita lakukan saat makan puasa, yang membuat tubuh lemas. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

 

Makan Banyak dan Manis

Kulit sehat
Ilustrasi makan. (iStockphoto)

1. Porsi terlalu banyak

Ada yang berpikir bahwa makan banyak saat sahur akan membuat kenyang lebih lama, padahal salah. Makan terlalu banyak justru akan membuat perut terlalu 'berat', kembung, juga gangguan pencernaan sehingga tak nyaman dibawa beraktivitas. Lebih baik makan secukupnya namun denga nutrisi seimbang.

2. Makan makanan manis

Makanan manis memang memberi asupan karbohidrat, tapi rasa kenyang yang diberikannya cepat hilang sehingga tubuh lebih cepat lapar. Baiknya konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, outmeal, roti gandum, atau kentang rebus.

3. Minum teh manis

Menyesap teh manis mungkin terasa nikmat di perut, tapi teh manis tak baik efeknya bagi tubuh. Teh mengandung kafein dan bersifat diuretik yang artinya memicu buang air kecil lebih sering. Harapan menghindari tubuh dari dehidrasi bisa berbanding terbalik karena yang terjadi sebaliknya.

Langsung Minum Banyak Air Putih dan Tidur

Minum Air Putih
Ilustrasi Minum Air Putih/copyright shutterstock.com

4. Langsung minum banyak air putih

Mungkin kamu dengan sengaja minum bergelas-gelas air putih ketika sahur dengan tujuan agar tidak haus di siang hari, ketahuilah cara itu tidak efektif karena malah memicu asam lambung dan gangguan pencernaan.

Lebih baik minum secara bertahap saat bangun tidur, sebelum makan, saat makan, dan setelah makan. Bantu juga penuhi kebutuhan air tubuhmu dengan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, pir, melon, atau ketimun.

5. Langsung tidur

Langsung tidur segera setelah makan bisa memicu asam lambung naik dan menyebabkan gangguan pencernaan. Setelah sahur, sisihkan waktu untuk banyak bergerak. Misal dengan jalan-jalan di depan rumah, atau melakukan aktivitas lain di dalam rumah sambil menunggu waktu aman untuk lanjut tidur.

Simak juga video berikut

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓